Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Saya "Underdog" di Pilpres 2012

Kompas.com - 04/10/2011, 11:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menganggap dirinya underdog pada pemillihan presiden 2012.

Dalam wawancara dengan ABC, Senin (4/10/2011), Obama mengakui hal itu. Menurutnya, anggapan itu ada karena masalah ekonomi yang dihadapi pemerintahannya.

Obama melontarkan pernyataan tersebut untuk menanggapi hasil jajak pendapat yang dilakukan ABC bahwa 55 persen rakyat AS berpendapat Obama hanya akan mejadi presiden untuk satu masa jabatan.

"Tidak masalah. Saya terbiasa menjadi underdog," kata Obama.

Namun, hal itu sepertinya tidak menyurutkan keyakinan Obama bahwa dia akan terpilih menjadi presiden untuk masa jabatan kedua.

Dia memprediksi rakyat akan memilih calon presiden yang menunjukkan visi masa depan yang mampu membantu keluarga biasa untuk meraih "American Dream". Obama menegaskan, dia tahu cara mewujudkannya.

"Ketika saya mencalonkan diri pada 2008, ide dasarnya adalah rakyat biasa yang sudah bekerja keras dan melakukan segala sesuatu dengan benar, tetapi tidak juga berhasil," papar Obama tentang keputusasaan rakyat AS karena terus meningkatnya biaya kesehatan dan pendidikan.

"Pendekatan yang sudah saya lakukan selama tiga tahun memerintah ini adalah 'apakah perubahan-perubahan besar yang sudah kita lakukan sejauh ini sehingga anak-anak kita mendapat pendidikan terbaik? (Agar) kita memiliki infrastruktur terbaik di dunia. (Agar) kita memiliki yang dibutuhkan untuk kembali sukses," tutur presiden ke-44 AS itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com