Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Larang Jual Alat Telekomuinikasi ke Suriah

Kompas.com - 04/10/2011, 11:19 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Departemen Keuangan AS, Senin (3/10/2011), melarang penjualan peralatan telekomunikasi ke Suriah. Itu merupakan langkah AS paling akhir dalam serangkaian sanksi yang dimaksudkan untuk mengucilkan rezim Bashar al-Assad.

Keputusan pelarangan itu ditandatangani Adam Szubin, Direktur Kantor Pengawasan Aset Asing, Departemen Keuangan, AS. Menurut dokumen yang ditandatangani Senin itu, perusahaan-perusahaan AS sekarang dilarang menjual peralatan atau teknologi komunikasi, "termasuk satelit atau konektivitas jaringan terestrial" kepada Pemerintah Suriah atau siapa pun di negara itu.

Washington telah menjatuhkan sanksi kepada sejumlah pejabat penting Suriah di tengah tindakan keras mematikan terhadap demonstran di negara itu. Pada 17 Agustus, Presiden Barack Obama telah menandatangani perintah eksekutif yang mengesahkan sanksi terhadap rezim Suriah karena apa yang Gedung Putih katakan sebagai "eskalasi kekerasan yang berlanjut terhadap rakyat Suriah". Sanksi itu telah membekukan semua milik Pemerintah Suriah di AS, dan melarang warga AS melakukan bisnis baru dengan negara itu atau mengimpor hasil perminyakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com