Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Kita Sangat Kuat

Kompas.com - 03/10/2011, 17:21 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Tim Advokasi Negosiasi Laut Timor Masnellyarti Hilman, Senin (3/10/2011) sore, di Jakarta menegaskan, bukti yang dimiliki Indonesia sangat kuat untuk menuntut tanggung-jawab perusahaan minyak asal Thailand, PTTEP Australasia terkait pencemaran Montara. Dipastikan, timnya memiliki bukti tumpahan minyak mentah yang terjadi 21 Agustus 2009 itu mencapai ke garis pantai Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah cocokkan fingerprint (sidik jari) minyak yang kami temukan di garis pantai, identik dengan minyak Montara," ucapnya dalam Diskusi Panel Penegakan Hukum Lingkungan Lintas Batas, Senin sore.

Karena itu, ia membantah tudingan sebagian kalangan aktivis lingkungan yang menduga bukti yang dimiliki Indonesia lemah, sehingga terlarut berlama-lama dalam menangani kasus Montara. "Kalau dibilang kita tidak kuat, itu salah," ucapnya.

Ia mengakui, seharusnya akhir bulan September kemarin menjadi batas waktu ditandatanganinya nota kesepahaman Indonesia-PTTEP. Namun, karena Thailand memiliki Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral yang baru, PTTEP meminta batas waktu.

"Mereka meminta waktu lagi seminggu. Kita lihat nanti. Sudah kita peringatkan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com