Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Arab Didesak Bantu Palestina

Kompas.com - 03/10/2011, 10:38 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil el-Arabi, Minggu (2/10/2011), mendesak negara-negara Arab untuk memberikan lebih banyak bantuan keuangan kepada otoritas Palestina. Desakan itu merupakan tanggapan atas keputusan Kongres AS yang menghentikan bantuan ke Palestina.

Pernyataan Arabi tersebut dikemukakan dalam konferensi pers bersama dengan anggota Komite Ekesekuti Organisasi Pembebasan Palestina, Saeb Erekat, yang tiba di Kairoi, Sabtu. Otoritas Palestina mengecam keputusan Kongres AS yang membekukan bantuan senilai 200 juta dolar AS kepada Palestina. Pembekuan bantuan itu terkait upaya Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di PBB. Arabi menegaskan, adalah hak rakyat Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB seperti negara lain.

Tentang respon dunia Arab atas kemungkinan veto AS di Dewan Keamanan PBB, Arabi mengatakan, negara-negara Arab berusaha untuk memobilisasi dukungan internasional melalui komunikasi dengan para pelaku penting di arena internasional. Menurut Erekat, Palestina tidak akan bisa diperas oleh bantuan keuangan, dan menambahkan bahwa keanggotaan penuh PBB dan penentuan nasib sendiri bukan untuk tawar-menawar.

Sementara itu, dukungan negara-negara dan tokoh-tokoh internasional semakin tak terbendung bagi upaya Palestina di PBB. Presiden Otoritas Nasional Palestina, Mahmoud Abbas, mengajukan tawaran bagi keanggotaan penuh PBB pada 23 September 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com