Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karzai Stop Perundingan dengan Taliban

Kompas.com - 01/10/2011, 18:53 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, Sabtu (1/10/2011), pemerintahnya menghentikan perundingan damai dengan Taliban.

Karzai mengatakan, pembunuhan mantan presiden Burhanuddin Rabbani membuatnya yakin bahwa fokus dialog harus dilakukan dengan Pakistan.

Rabbani, yang memimpin tim perundingan damai dengan Taliban , terbunuh dalam serangan bom bunuh diri dengan pelaku seseorang yang mengaku sebagai utusan damai Taliban.

Berbicara di depan para pemimpin agama, Karzai mengatakan tidak ada partner dalam dialog dengan Taliban. Selain itu tidak ada kemungkinan untuk menemukan pemimpin Taliban, Mullah Omar.

"Di mana dia? Kami tidak bisa menemui Dewan Taliban. Di mana mereka?" kata Karzai, seperti dilansir BBC.

Mengaku sebagai utusan damai Taliban, seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di rumah Rabbani pada 20 September lalu. Bom itu disembunyikan di balik sorbannya.

Tewasnya Rabbani merupakan kemunduran bagi upaya damai antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban demi mengakhiri perang yang sudah berlangsung selama 10 tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com