Iran Minta Dunia Dukung Palestina

Kompas.com - 01/10/2011, 03:47 WIB
Editor

Khaerudin

Teheran, Kompas - Parlemen Iran mengajak parlemen dunia untuk ikut mendukung perjuangan bangsa Palestina. Selama dua hari, mulai Sabtu (1/10) di Teheran, Parlemen Iran menggelar konferensi internasional dalam rangka mendukung perjuangan Palestina meraih hak- haknya sebagai negara berdaulat penuh.

Parlemen Iran sebenarnya telah menggelar empat kali konferensi internasional yang bertajuk dukungan terhadap gerakan intifadah atau perlawanan bangsa Palestina atas pendudukan Israel.

Konferensi kelima ini sengaja digelar karena kebuntuan terus-menerus untuk menemukan solusi bagi Palestina mendapatkan pengakuan PBB demi berdirinya Palestina sebagai negara berdaulat. Ketua Parlemen Iran Ali Larijani berperan sebagai tuan rumah sekaligus presiden konferensi.

Konferensi itu merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang Hukum dalam Rangka Mendukung Revolusi Islam Rakyat Palestina. UU yang disahkan Iran pada 9 Mei 1990 ini menyerukan kepada pemerintah untuk memberi dukungan penuh bagi pembelaan kaum tertindas, pengungsi, dan militan Palestina untuk mendapatkan hak mereka.

Konferensi diikuti anggota parlemen dari sekitar 70 negara dan juga dihadiri beberapa tokoh politik dengan latar belakang budaya dan agama. Perwakilan organisasi nonpemerintah yang selama ini mendukung hak-hak rakyat Palestina juga hadir.

Indonesia hadir

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indonesia diwakili oleh pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Badan Kerja Sama Antarparlemen Dewan Perwakilan Rakyat. Ketua MPR Taufiq Kiemas serta Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saepudin dan Hajriyanto Y Thohari memimpin delegasi Indonesia di konferensi ini.

Menurut Taufiq, Indonesia berkepentingan untuk ikut mendukung berdirinya Palestina sebagai bagian dari amanat UUD 1945. ”Ini amanat konstitusi bahwa kemerdekaan itu hak segala bangsa, oleh karena itu segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan,” kata Taufiq setibanya di Teheran, Jumat (30/9).

Taufiq mengatakan, Indonesia di berbagai forum internasional terus berjuang agar ada solusi damai bagi penyelesaian masalah Palestina.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.