Ban Ki-moon Puji Raja Arab Saudi

Kompas.com - 30/09/2011, 08:20 WIB
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis (29/9/2011), memuji pengumuman Arab Saudi bahwa perempuan akan diizinkan untuk bersuara dan turut mengambil bagian dalam pemilu di kerajaan konservatif itu sebagai "langkah penting".

Sekjen PBB jarang berkomentar mengenai undang-undang internal di negara-negara, tetapi telah memandang penting hak-hak perempuan sebagai tema utama pada masa jabatannya.

"Sekretaris Jenderal yakin bahwa (pengumuman) ini merupakan langkah penting dalam realisasi bagi hak-hak fundamental sipil dan politik mereka, kaum perempuan di Arab Saudi," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita Ban.

Pengumuman Raja Abdullah dari Arab Saudi pada Minggu (25/9/2011) dipandang sebagai pergeseran berani oleh monarki mutlak sebagai desakan untuk reformasi sosial dan demokratis yang melanda Timur Tengah.

Wanita juga akan diizinkan untuk bergabung dengan penasihat Dewan Syura yang tidak dipilih, di mana undang-undang lama tidak memiliki kekuatan mengikat.

Langkah ini, bagaimanapun, akan melakukan sedikit perubahan mengenai cara negara dijalankan. Penguasa Arab Saudi memungkinkan pemilihan hanya untuk setengah dari kursi di dewan kota, yang memiliki beberapa kekuatan.

Hanya laki-laki diperbolehkan memilih pada pemilihan umum berikutnya, yang akan berlangsung minggu depan, sedangkan kaum wanita baru akan diizinkan untuk memilih pada 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.