Juru Bicara Khadafy Ditangkap di Luar Sirte

Kompas.com - 30/09/2011, 04:50 WIB
EditorHertanto Soebijoto

SIRTE, KOMPAS.com — Mussa Ibrahim, juru bicara Moammar Khadafy, ditangkap pada Kamis (29/9/2011) di luar kota asal orang kuat Libya itu, Sirte, kata sejumlah komandan lapangan NTC kepada AFP.

"Gerilyawan Misrata menghubungi kami dan memberitahukan bahwa Mussa Ibrahim telah ditangkap," kata Mustafa bin Dardef, seorang komandan Brigade Zintan rezim baru Libya, Dewan Transisi Nasional (NTC).

Seorang komandan lain, Mohammed al-Marimi, mengatakan, "Mussa Ibrahim ditangkap ketika sedang berkendaraan di luar Sirte oleh gerilyawan dari Misrata."

Komandan itu menambahkan, ada laporan-laporan bahwa Ibrahim mengenakan pakaian wanita, tetapi Dia belum bisa mengonfirmasi hal itu.

Ibrahim menjadi juru bicara rezim Khadafy sampai gerilyawan NTC menguasai Tripoli pada 23 Agustus.

Meski melarikan diri dari Tripoli bersama penguasa yang terguling itu, Ibrahim terus mengeluarkan pernyataan-pernyataan melalui televisi Arrai yang berkantor di Suriah dari sebuah tempat yang dirahasiakan.

Jumat (30/9/2011), Ibrahim menyerukan keteguhan hati untuk menangani "agen dan pengkhianat", menolak apa yang disebutnya "genosida" oleh NATO dan "agen-agen Libya", serta mengecam masyarakat dunia karena "tidak bertindak".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bin Dardef tidak memberikan penjelasan terinci mengenai penangkapan itu dan lebih memusatkan perhatian pada pertempuran di Sirte.

"Dewan Militer Misrata dan perwakilan kami akan bertemu hari ini untuk membahas strategi mendatang untuk menguasai Sirte," kata Bin Dardef kepada AFP.

Keberadaan Khadafy hingga kini tidak diketahui secara jelas. Dari tempat persembunyiannya, dia berulang kali melontarkan janji-janji untuk melanjutkan perang, ketika semakin banyak negara mengakui Dewan Transisi Nasional (NTC) sebagai pemerintah yang berkuasa di Libya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.