Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bersiap Hadapi Badai Nesat

Kompas.com - 30/09/2011, 03:32 WIB

HONGKONG, KAMIS - Setelah menghantam dan memakan korban jiwa di Hongkong dan Filipina awal pekan ini, badai besar Nesat, Kamis (29/9), dipastikan telah bergerak memasuki kawasan selatan China.

Diperkirakan, angin ribut tersebut mulai menyentuh daratan China bagian selatan sekitar pukul 14.30. Otoritas Hainan bergerak cepat dengan menutup sekolah-sekolah serta melarang jasa layanan penyeberangan kapal feri dan juga kapal nelayan setempat beroperasi.

Langkah itu sangat beralasan mengingat di Filipina badai itu telah memakan korban jiwa sebanyak 35 orang, sementara 45 orang lainnya masih dinyatakan hilang. Selain itu, pemerintah setempat juga membatalkan 67 jadwal penerbangan di dua bandar udara yang ada di kawasan itu.

Saat menghantam Hongkong, badai itu memaksa pasar saham setempat berhenti beroperasi. Pertokoan tutup dan berbagai bentuk aktivitas bisnis terhenti. Namun, kerusakan yang timbul dilaporkan tidak terlalu besar.

Kalaupun dilaporkan terdapat korban luka, kesialan itu hanya dialami oleh dua penumpang taksi yang terluka saat kendaraan yang ditumpanginya dihantam tiang bambu yang melayang akibat embusan angin yang sangat kuat. Seorang lagi terluka tertimpa dahan patah.

Selain itu, para penghuni sejumlah apartemen di tepi pantai di Hongkong juga terpaksa dievakuasi. Dalam sebuah tayangan stasiun televisi lokal tampak sejumlah wisatawan lokal China terpaksa tertahan lantaran jalur penyeberangan kapal feri ditutup.

Hongkong

Di Hongkong, sebanyak 245 jadwal penerbangan ditunda, 20 penerbangan dibatalkan, dan 22 penerbangan lainnya dipindah ke bandara lain.

Menurut pihak pengamat cuaca Hongkong, kecepatan badai Nesat saat masuk menuju negara itu bisa mencapai 350 kilometer per jam.

Lebih lanjut, selain menghentikan pelayanan kapal feri, pihak Provinsi Hainan juga bersiap- siap menangani dampak yang mungkin ditimbulkan badai Nesat itu, seperti banjir dan tanah longsor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com