Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Iran Kecam Arab Saudi

Kompas.com - 29/09/2011, 11:45 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Lebih dari 200 anggota parlemen Iran mengeluarkan pernyataan bersama, Rabu (28/9/2011), yang mengecam apa yang mereka katakan sebagai "peran" Arab Saudi dalam menindas demonstrasi di Bahrain dan Yaman, kata laman internet parlemen itu.

"Pembunuhan orang tak bersalah di kedua negara itu, terkait peran Arab Saudi, menunjukkan lemahnya pemerintah" di Manama dan Sanaa, kata pernyataan yang ditandatangani oleh 210 anggota dari parlemen yang memiliki 290 kursi itu.

Pernyataan tersebut meminta PBB untuk mengirim utusan dan menyelidiki situasi hak asasi manusia serta "menghentikan campur tangan Arab Saudi dalam urusan dalam negeri" kedua negara tersebut. Para anggota parlemen itu juga mengecam "kebungkaman Barat" dalam menghadapi "penindasan orang-orang kejam" itu.

Iran mendukung secara lisan pergolakan di dunia Arab, dengan pengecualian pergolakan di sekutu regionalnya, Suriah, tempat negara itu mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad. Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi meningkat dengan cepat Maret lalu ketika tentara Saudi campur tangan di Bahrain untuk membantu keluarga Sunni kerajaan Teluk yang berkuasa dalam menindas demonstrasi sebulan lamanya yang dipimpin masyarakat mayoritas Syiah.

Iran juga mengecam tindakan keras yang didukung Riyadh terhadap demonstran di Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com