Parlemen Iran Kecam Arab Saudi

Kompas.com - 29/09/2011, 11:45 WIB
EditorEgidius Patnistik

TEHERAN, KOMPAS.com — Lebih dari 200 anggota parlemen Iran mengeluarkan pernyataan bersama, Rabu (28/9/2011), yang mengecam apa yang mereka katakan sebagai "peran" Arab Saudi dalam menindas demonstrasi di Bahrain dan Yaman, kata laman internet parlemen itu.

"Pembunuhan orang tak bersalah di kedua negara itu, terkait peran Arab Saudi, menunjukkan lemahnya pemerintah" di Manama dan Sanaa, kata pernyataan yang ditandatangani oleh 210 anggota dari parlemen yang memiliki 290 kursi itu.

Pernyataan tersebut meminta PBB untuk mengirim utusan dan menyelidiki situasi hak asasi manusia serta "menghentikan campur tangan Arab Saudi dalam urusan dalam negeri" kedua negara tersebut. Para anggota parlemen itu juga mengecam "kebungkaman Barat" dalam menghadapi "penindasan orang-orang kejam" itu.

Iran mendukung secara lisan pergolakan di dunia Arab, dengan pengecualian pergolakan di sekutu regionalnya, Suriah, tempat negara itu mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad. Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi meningkat dengan cepat Maret lalu ketika tentara Saudi campur tangan di Bahrain untuk membantu keluarga Sunni kerajaan Teluk yang berkuasa dalam menindas demonstrasi sebulan lamanya yang dipimpin masyarakat mayoritas Syiah.

Iran juga mengecam tindakan keras yang didukung Riyadh terhadap demonstran di Yaman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X