Ahmadinejad Bikin Al Qaeda Tersinggung

Kompas.com - 29/09/2011, 10:59 WIB
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com — Tidak hanya sekali Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa Serangan 11 September merupakan sebuah "teori konspirasi" buatan Amerika Serikat dan bukan pekerjaan kelompok Al Qaeda.

Saat berpidato di sidang Majelis Umum PBB pekan lalu, Ahmadinejad menuduh AS menggunakan "insiden misterius 11 September" sebagai alasan untuk menginvasi Afganistan dan Irak. Pada 2010, dia mengatakan 9/11 adalah pekerjaan orang dalam (AS).

Pernyataan Ahmadinejad itu langsung disambut aksi walkout sejumlah negara dari ruang Sidang Umum PBB 2011.

Rupanya yang gerah dengan pernyataan itu bukan cuma AS dan negara-negara sekutunya, kelompok Al Qaeda juga jengkel dengan perkataan Ahmadinejad.

Kejengkelan itu dinyatakan oleh Inspire, sebuah majalah berbahasa Inggris yang berhubungan dengan Al Qaeda.

"Pemerintah Iran sudah menyatakan melalui presidennnya, Ahmadinejad, tidak percaya bahwa Al Qaeda berada di balik serangan 11 September dan (sebaliknya) menuduh Pemerintah AS," tulis Inspire dalam artikel berjudul "Iran and the Conspiracy Theories" itu.

"Jadi, kami boleh bertanya: mengapa Iran mengarang keyakinan konyol yang berlawanan dengan semua logika dan bukti."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penulis artikel itu, Abu Suhail, beranggapan "pengalihan tanggung jawab" serangan ke AS itu karena Ahmadinejad "iri". "Al Qaeda, organisasi yang diperangi, tanpa negara, berhasil (melakukan) yang tidak bisa dilakukan Iran."

Artikel itu juga menyebut Pemerintah Iran hanya melakukann "jihad basa-basi melawan sang Setan Besar (AS). Sikap anti-Amerika yang dilancarkan Iran mereka sebut sebagai "permainan politik semata".



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.