Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Menteri Penerangan Divonis 7 Tahun

Kompas.com - 29/09/2011, 09:41 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Pengadilan Mesir telah menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara pada bekas Menteri Informasi Anas al-Feqqi karena menghamburkan dana masyarakat dari uni televisi negara.

Feqqi, salah satu menteri paling berpengaruh di kabinet Hosni Mubarak, adalah salah satu sasaran paling besar para demonstran.

Pengadilan itu juga menjatuhkan hukuman lima tahun penjara kepada Osama el-Sheikh, bekas kepala uni televisi tersebut, berdasarkan tuduhan yang sama. Feqqi ditahan pada Februari karena dicurigai telah mencatut dan mencuci dana publik.

Putusan itu, yang disiarkan di televisi negara, terkait dengan kasus di mana kedua orang itu dituduh menghamburkan 9,5 juta pound Mesir untuk serial drama televisi.

Penuntut juga menuduh Feqqi telah merugikan Uni Radio dan Televisi yang ia pimpin sekitar 1,9 juta dollar AS dengan membebaskan biaya siaran langsung musim sepak bola 2009-2010 dan awal musim 2010-2011.

Mereka mengatakan, Feqqi melakukan hal itu untuk memajukan kepentingan pribadinya sebagai bagian dari upaya untuk melaksanakan kendalinya atas kebijakan media pada stasiun itu. Kasus itu masih didengar.

Awal bulan ini, ia dibebaskan dari tuduhan korupsi terpisah bahwa ia telah meminta 36 juta pound Mesir dari menteri keuangan bagi kampanye media untuk mendukung Mubarak dan partainya yang berkuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com