Armada Iran Dekati Perairan AS

Kompas.com - 28/09/2011, 15:16 WIB
EditorKistyarini

TEHERAN, KOMPAS.com - Angkatan Laut Iran akan mengirim sejumlah kapal mendekati wilayah perairan Amerika Serikat. kantor berita Iran Irna melaporkan, Selasa (28/9/2011).

Irna mengutip pernyataan Kepala Staf AL Iran, Laksmana Habibollah Sayyari yang mengatakan, "Karena opresi global (AS) saat ini tidak jauh dari perbatasan maritim kita, angkatan laut kita akan menunjukkan kehadiran tak jauh dari wilayah perairan AS."

Pada 19 Juli lalu, Sayyari juga menyatakan Iran akan mengirim armada ke Atlantik. Pernyataan itu dilontarkan setelah seorang petinggi Iran mengisyaratkan akan menolak permintaan AS untuk membentuk "red phone" atau hubungan langsung antara negara-negara yang memiliki armada di kawasan Teluk. Sambungan langsung itu dimaksudkan untuk menghindari konfrontasi di antara mereka.

"Saat kita berada di Teluk Meksiko, kita akan membentuk sambungan langsung dengan Amerika Serikat," kata Ali Fadavi, komandan Korps AL Garda Revolusi Iran.

Iran bernilai kehadiran militer AS di Teluk Persia adalah ilegal dan tidak masuk akal. AL Iran telah memperkuat armadanya di perairan internasional sejak tahun lalu. Mereka secara rutin mengirim kapal ke Samudera Hindia dan Teluk Aden untuk melindungi kapal-kapal Iran dari perompak Somalia yang beroperasi di wilayah itu.

Februari lalu, untuk kali pertama Iran mengirim dua kapal ke Mediterania, melalui Terusan Suez. Hal itu dilakukan untuk "mengganggu" Israel dan AS.

Pada Juli lalu, para petinggi Iran mengumumkan bahwa satu kapal selam mereka sudah menyelesaikan misi pertama mereka di selatan Samudera Hindia dan Laut Merah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.