Pasukan NTC Tembus Kampung Khadafy

Kompas.com - 24/09/2011, 09:05 WIB
EditorKistyarini

HARAWA, KOMPAS.com - Tentara penguasa baru Libya telah merembes masuk pintu masuk timur Sirte, kampung halaman Moammar Khadafy, setelah masuk kota itu tanpa perlawanan dari pasukan mantan pemimpin Libya tersebut, kata seorang komandan pada AFP, Jumat (23/9/2011).

"Pasukan kami telah menguasai pintu masuk timur Sirte," kata komandan Ahmed Zlitni dari pusat operasi.

"Mereka berada dua kilometer di depan jalan masuk itu dan mempertahankan posisi di sana. Secara teknis kami dapat mengatakan bahwa kami telah masuk Sirte dari timur," kata Zlitni, yang menambahkan bahwa mereka "tidak menghadapi perlawanan" ketika melintasi pintu masuk itu.

Komandan lainnya Mohammed al-Marimi juga mengkonfirmasi bahwa mereka telah menembus pintu masuk timur.

"Tiga hingga empat brigade telah masuk melalui pintu timur," kata Marimi.

Petempur Muatiz Saad, yang dikerahkan di dekat kota Sultana, 30 kilometer di timur Sirte, juga mengatakan bahwa sejumlah besar dari tekan-tekannya telah masuk Sirte dari pintu timur.

"Saya berada di garis depan dan saya datang untuk mengetahui apakah tentara kami telah masuk Sirte dari pintu timur," katanya pada AFP di salah satu dari maskas-markas mereka dekat kota Harawa, sekitar 40 kilometer di timur Sirte.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal pekan ini tentara Dewan Transisi Nasional, badan penguasa baru Libya, menghadapi perlawanan keras sekitar enam kilometer dari kota Sultana dari pasukan loyalis Khadafy.

Selama empat hari terakhir mereka tidak mendesak maju dan dari Kamis (22/9/2011) pagi sekali ada juga penghentian pertempuran setelah mereka menghadapi kekurangan amunisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.