Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan NTC Tembus Kampung Khadafy

Kompas.com - 24/09/2011, 09:05 WIB

HARAWA, KOMPAS.com - Tentara penguasa baru Libya telah merembes masuk pintu masuk timur Sirte, kampung halaman Moammar Khadafy, setelah masuk kota itu tanpa perlawanan dari pasukan mantan pemimpin Libya tersebut, kata seorang komandan pada AFP, Jumat (23/9/2011).

"Pasukan kami telah menguasai pintu masuk timur Sirte," kata komandan Ahmed Zlitni dari pusat operasi.

"Mereka berada dua kilometer di depan jalan masuk itu dan mempertahankan posisi di sana. Secara teknis kami dapat mengatakan bahwa kami telah masuk Sirte dari timur," kata Zlitni, yang menambahkan bahwa mereka "tidak menghadapi perlawanan" ketika melintasi pintu masuk itu.

Komandan lainnya Mohammed al-Marimi juga mengkonfirmasi bahwa mereka telah menembus pintu masuk timur.

"Tiga hingga empat brigade telah masuk melalui pintu timur," kata Marimi.

Petempur Muatiz Saad, yang dikerahkan di dekat kota Sultana, 30 kilometer di timur Sirte, juga mengatakan bahwa sejumlah besar dari tekan-tekannya telah masuk Sirte dari pintu timur.

"Saya berada di garis depan dan saya datang untuk mengetahui apakah tentara kami telah masuk Sirte dari pintu timur," katanya pada AFP di salah satu dari maskas-markas mereka dekat kota Harawa, sekitar 40 kilometer di timur Sirte.

Awal pekan ini tentara Dewan Transisi Nasional, badan penguasa baru Libya, menghadapi perlawanan keras sekitar enam kilometer dari kota Sultana dari pasukan loyalis Khadafy.

Selama empat hari terakhir mereka tidak mendesak maju dan dari Kamis (22/9/2011) pagi sekali ada juga penghentian pertempuran setelah mereka menghadapi kekurangan amunisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com