Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Tunjuk Meg Whitman sebagai CEO Baru

Kompas.com - 23/09/2011, 07:54 WIB

KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP), Kamis (22/9/2011), menunjuk Meg Whitman sebagai Presiden dan Chief Executive Officer yang baru. Meg Whitman (55) menggantikan posisi Leo Apotheker yang telah menjabat selama 11 bulan. HP juga menunjuka Ray Lane dari Chairman menjadi Executive Chairman sehingga punya peran lebih besar mengarahkan bisnis HP.

Whitman selama ini dikenal sebagai orang yang membesarkan eBay sehingga menjadi situs lelang online terbesar. Dialah CEO yang membawa eBay go public dan memelopori e-commerce untuk perusahaan kecil menengah. Meski demikian, Whitman tak punya pengalaman di bisnis enterprise sebelumnya. Ia lebih banyak berkecimpung di bisnis konsumer.

Sebelum di eBay, ia pernah bekerja di Haspro dan Procte & Gamble. Ia telah bergabung dengan HP sejak Januari 2011 sebagai salah satu anggota direksi setelah gagal maju menjadi Gubernur California. Salah satu pekerjaan rumah besarnya adalah mengembalikan lagi kepercayaan investor. Di bawah kepemimpinan Apotheker, nilai saham HP turun 47 persen.

Dalam interview pertamanya sebagai Presiden dan CEO, Whitman mengatakan kalau ia tidak akan melakukan perubahan strategi. HP tetap akan melanjutkan rencana mengakuisisi Autonomous Corp untuk fokus ke bisnis software. Whitman juga akan terus melanjutkan evaluasi HP memisahkan bisnis personal computing.

Banyak analis yang masih meragukan Whitman untuk memimpin HP melakukan transformasi. Dipilihnya Whitman kemungkinan karena tidak ada kader internal yang siap menjadi puncak pimpinan. Whitman diperkirakan hanya akan menjadi pimpinan sementara dan bukan untuk jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com