Ahmadinejad Pidato, Sejumlah Negara "Walk Out"

Kompas.com - 23/09/2011, 04:51 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com Delegasi Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa walk out dari majelis umum PBB, Kamis, selama pidato Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Dalam pidatonya itu, Ahmadinejad berulang kali mengutuk Amerika Serikat dan mengatakan sejumlah negara menggunakan tragedi holocaust sebagai alasan "untuk membayar uang tebusan ... buat Zionis."

Delegasi Perancis, Jerman, dan Inggris termasuk di antara mereka yang walk out. Delegasi Kanada dan Israel sejak awal tidak hadir.

Dalam pidatonya itu, Ahmadinejad menyebut peristiwa 11 September 2001 sebagai serangan "misterius" dan mengatakan serangan itu menjadi alasan untuk perang yang dipimpin AS terhadap Afganistan dan Irak. Dia mengatakan Amerika Serikat menewaskan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, tetapi tidak menugaskan sebuah tim pencari fakta untuk menyelidiki "elemen tersembunyi yang terkandung dalam serangan 11 September".

Dia juga menyalahkan Amerika Serikat atas sejumlah masalah global, termasuk krisis keuangan. Ia mengkritik AS karena mendominasi "pembuatan kebijakan" dunia, belanja militer yang berlebihan, dan mencetak "triliunan dollar AS" yang memicu inflasi. Demikian menurut terjemahan bahasa Inggris dari pidatonya yang diberikan oleh delegasi Iran.

Ahmadinejad mengatakan, Pemerintah AS memandang zionisme sebagai "suci" dan bahwa "negara-negara Eropa masih menggunakan holocaust setelah enam dasawarsa peristiwa itu, sebagai alasan untuk membayar sebuah denda atau tebusan terhadap kaum Zionis."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.