Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Kembar Tewaskan Polisi Rusia

Kompas.com - 22/09/2011, 15:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Ledakan kembar menewaskan seorang perwira polisi dan melukai puluhan lainnya serta warga sipil di Makhachkalay, kota di bagian selatan Rusia, kata para pejabat, Kamis (22/9/2011).

Ledakan yang berjarak hanya beberapa meter satu sama lain itu mengguncang ibu kota wilayah Kaukasus Utara, Dagestan, setelah tengah malam dan terjadi sekitar 500 meter dari Kantor Kementerian Dalam Negeri Dagestan, kata seorang wakil dari kepolisian Makhachkalay kepada AFP.

"Seorang letnan polisi tewas, dan sekitar 60 orang dibawa ke rumah sakit," katanya.

Ledakan pertama adalah untuk menarik perhatian dan yang kedua diarahkan (kepada banyak orang) pada saat daerah itu sedang ditutup. Bom kedua diletakkan di dalam mobil dan ledakan itu setara dengan sekitar 35 kilogram TNT.

Serangan ini terjadi setelah ledakan di kota yang sama pada Rabu (21/9/2011) malam ketika tiga orang tewas di dalam mobil, yang rupanya mengangkut bom, dan melukai beberapa orang lainnya.

Di wilayah lain di Dagestan, beberapa orang menyerang seorang kepala kepolisian lokal di kota Buinaksk, Kamis pagi, menewaskan dua pengawal.

"Mereka menghentikan mobilnya karena ia akan bekerja dan melepaskan tembakan dari senjata mesin," kata wakil kepolisian di Buinaksk, yang terletak sekitar 30 kilometer di barat daya Makhachkalay, katanya kepada AFP.

Wilayah Laut Kaspia Dagestan mengalami penembakan dan pemboman hampir setiap hari, yang menyalahkan pejabat lokal dan kelompok Islamis yang dikaitkan dengan Chechnya.

Kremlin terlibat dua perang melawan pemberontak separatis di Chechnya pada tahun 1990-an dan kekerasan telah menyebar ke daerah-daerah dekat Dagestan dan Ingushetia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com