Helikopter Jatuh Picu Kebakaran Hebat

Kompas.com - 20/09/2011, 14:05 WIB
EditorMarcus Suprihadi

CAMP PENDLETON, KOMPAS.com — Dua prajurit Korps Marinir AS tewas dan tak kurang dari 48,6 hektar padang ilalang terbakar habis setelah sebuah helikopter serbu AH-1W SuperCobra jatuh saat menjalankan latihan di pangkalan militer Camp Pendleton, sebelah utara kota San Diego, California, AS, Senin (19/9/2011).

Dua prajurit Marinir yang tewas adalah para pilot helikopter Cobra milik kesatuan 3rd Marine Aircraft Wing itu. Heli jatuh di sudut tenggara pangkalan militer tersebut sekitar pukul 13.00 waktu setempat, dan langsung memercikkan api yang membakar padang ilalang. Api menjalar dengan sangat cepat, dan dalam waktu tiga jam api telah melahap 20,2 hektar lahan, mendekati kota De Luz.

Hingga Senin petang kemarin, api baru bisa dikendalikan 80 persen. Pihak Korps Marinir AS mengatakan, identitas dua pilot yang tewas seketika itu tidak akan dipublikasikan sebelum pihak keluarga mereka dikabari.

Serangkaian kecelakaan menimpa Korps Marinir AS dalam beberapa bulan terakhir. Bulan Agustus, dua pilot Marinir mengaktifkan kursi lontar mereka setelah pesawat tempur F/A-18 Hornet yang mereka terbangkan mengalami masalah dan jatuh ke Samudra Pasifik, lepas pantai San Diego. Dua prajurit itu terapung-apung di tengah laut yang dingin dan gelap selama empat jam dalam keadaan patah tulang sebelum tim penyelamat menemukan mereka.

Sebulan sebelumnya, seorang prajurit Marinir dari New York tewas setelah helikopter UH-1Y yang ia terbangkan jatuh di Camp Pendleton. Pada bulan Maret, delapan pelaut, seorang Marinir, dan dua petugas sipil terluka saat sebuah pesawat F/A-18 Hornet terbakar di geladak kapal induk USS John C Stennis, yang sedang menjalankan misi latihan di lepas pantai San Diego.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.