Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Jatuh Picu Kebakaran Hebat

Kompas.com - 20/09/2011, 14:05 WIB

CAMP PENDLETON, KOMPAS.com — Dua prajurit Korps Marinir AS tewas dan tak kurang dari 48,6 hektar padang ilalang terbakar habis setelah sebuah helikopter serbu AH-1W SuperCobra jatuh saat menjalankan latihan di pangkalan militer Camp Pendleton, sebelah utara kota San Diego, California, AS, Senin (19/9/2011).

Dua prajurit Marinir yang tewas adalah para pilot helikopter Cobra milik kesatuan 3rd Marine Aircraft Wing itu. Heli jatuh di sudut tenggara pangkalan militer tersebut sekitar pukul 13.00 waktu setempat, dan langsung memercikkan api yang membakar padang ilalang. Api menjalar dengan sangat cepat, dan dalam waktu tiga jam api telah melahap 20,2 hektar lahan, mendekati kota De Luz.

Hingga Senin petang kemarin, api baru bisa dikendalikan 80 persen. Pihak Korps Marinir AS mengatakan, identitas dua pilot yang tewas seketika itu tidak akan dipublikasikan sebelum pihak keluarga mereka dikabari.

Serangkaian kecelakaan menimpa Korps Marinir AS dalam beberapa bulan terakhir. Bulan Agustus, dua pilot Marinir mengaktifkan kursi lontar mereka setelah pesawat tempur F/A-18 Hornet yang mereka terbangkan mengalami masalah dan jatuh ke Samudra Pasifik, lepas pantai San Diego. Dua prajurit itu terapung-apung di tengah laut yang dingin dan gelap selama empat jam dalam keadaan patah tulang sebelum tim penyelamat menemukan mereka.

Sebulan sebelumnya, seorang prajurit Marinir dari New York tewas setelah helikopter UH-1Y yang ia terbangkan jatuh di Camp Pendleton. Pada bulan Maret, delapan pelaut, seorang Marinir, dan dua petugas sipil terluka saat sebuah pesawat F/A-18 Hornet terbakar di geladak kapal induk USS John C Stennis, yang sedang menjalankan misi latihan di lepas pantai San Diego.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com