Jenderal Senior Khadafy Ditangkap

Kompas.com - 20/09/2011, 10:37 WIB
EditorKistyarini

BENGHAZI, KOMPAS.com — Seorang jenderal senior yang setia kepada Moammar Khadafy ditangkap di Libya selatan, kata seorang pejabat dari rezim baru negeri itu, Selasa (20/9/2011), saat perburuan terhadap pemimpin terguling itu ditingkatkan.

"Jenderal Belgacem Al-Abaaj, kepala dinas intelijen Khadafy di wilayah Al Khofra, ditangkap pada Senin (19/9/2011), sekitar 100 kilometer dari kota kecil Sabha di Libya selatan," kata juru bicara bagi Brigade Tameng Gurun, Mohammed Wardugu, di Benghazi.

Al-Abaaj, yang telah dicari oleh pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC), ditangkap bersama anggota keluarganya. Mereka melakukan perjalanan dengan lima mobil, tambah Wardugu.

Wardugu mengatakan, pasukan NTC telah memasuki Sabha dan menguasai bandar udara, tetapi pertempuran terus berlangsung di beberapa bagian kota kecil itu.

Pada Minggu (18/9/2011), NTC menyatakan, pasukannya segera merebut Sirte karena memperkirakan situasi di lapangan di kota kelahiran Khadafy itu harus diselesaikan dalam waktu tiga sampai empat hari.

Pasukan NTC telah menguasai Sirte selatan ditambah jalan pesisir utara kota, dan sebagian besar dari mereka sekarang berkumpul di bandara kota dan pangkalan udara di dekatnya, kata juru bicara militer NTC Kolonel Ahmed Omar Bani.

Pertempuran berlanjut di timur dan barat Sirte dan di jalan pusat kota, tetapi situasi di lapangan diduga baru bisa diselesaikan dalam waktu sekitar tiga-empat hari, dan sisa pasukan pro-Khadafy akan dilenyapkan, katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga mengatakan, mereka mengubah rencana untuk merebut Bani Walid, kubu lain Khadafy di tenggara Tripoli, untuk menjamin keamanan para petempur NTC dan warga sipil di sana.

Setelah kegagalan serangan, para petempur NTC harus mundur dan berkumpul di dekat pintu masuk utara kota setelah mereka didorong kembali oleh pasukan Khadafy, yang didukung penembak jitu dan rudal jarak jauh, katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X