Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Desak WTO Bolehkan Proteksi Industri

Kompas.com - 20/09/2011, 09:40 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Brasil mendesak Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk memperbolehkan anggotanya memproteksi industrinya dari ketidakseimbangan perdagangan akibat fluktuasi mata uang.

Kementerian Luar Negeri Brasil menyebutkan, aturan dunia untuk melawan perdagangan yang tidak adil dibuat pada saat nilai tukar mata uang stabil. Mekanisme perdagangan seperti anti-dumping dan safeguard, termasuk juga hak membalas perlakuan yang tidak adil, perlu untuk diperbaharui seiring dengan fluktuasi nilai tukar tersebut. Permintaan Brasil ini dituangkan dalam bentuk proposal yang diberikan kepada WTO hari ini, Selasa (20/9/2011).

Akan tetapi, proposal tersebut tidak memberikan keterangan detail negara mana saja yang berkeyakinan bahwa mata uang mereka nilai tukarnya rendah (undervalued). Sebenarnya, usulan ini merupakan inisiatif dari Presiden Brasil Dilma Rousseff. Ia sedang berupaya keras untuk memproteksi manufaktur lokal dari barang impor yang murah dari China, yang mana nilai tukarnya terikat kuat dengan dollar AS.

Minggu lalu, pemerintah Brasil pun telah menaikkan pajak atas mobil sebesar 30 persen poin dengan persentase yang juga besar atas bahan baku yang diimpor. Ini dilakukan setelah derasnya impor mobil buatan China.

Secara keseluruhan, manufaktur di negara yang termasuk dalam BRIC (Brasil, Rusia, India, China) ini, turun 29 persen sejak akhir 2008. Dan, sejak Oktober 2010, pemerintah setempat juga meningkatkan pajak atas aliran dana masuk dan menaikkan pembelian dollar AS sebagai bentuk pertahanan.

Menteri Keuangan Brasil, Guido Mantega menyebutnya dengan "perang mata uang." Mata uang Real pun anjlok ke posisi terendah dalam satu tahun, sehingga memastikan mata uangnya yang memiliki performa terburuk di antara mata uang utama bulan September ini.

Real melemah 3,6 persen menjadi 1,7976 per dollar AS dari 1,7331 per dollar AS pada 16 September lalu. Nilai tukar terkuat real terjadi pada 26 Juli 2011, di posisi 1,5391 per dollar AS, yang merupakan posisi terkuat sejak Januari 1999.

Sementara itu, impor Brasil terus meningkat sebesar 29 persen menjadi 147 miliar dollar AS dalam delapan bulan pertama tahun ini. Sedangkan, ekspor yang tertolong dengan tingginya harga komoditas, naik 36 persen menjadi 167 miliar dollar AS. Impor mobil, yang merupakan barang terbesar kedua dalam total impor Brasil, melonjak 45 persen ke angka 7,4 miliar dollar AS dalam periode yang sama. Secara keseluruhan, total impor dari China telah melonjak 35 persen tahun ini, yang sekarang bernilai 21 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com