Malaysia Tahan WNI gara-gara Bendera Terbalik

Kompas.com - 19/09/2011, 14:56 WIB
EditorKistyarini

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kepolisian maritim Malaysia menahan sebuah kapal dagang berbendera Korea Utara yang sebagian besar awaknya merupakan warga negara Indonesia (WNI). Kapal itu ditahan dengan tuduhan melanggar wilayah Malaysia dan memasang bendera Malaysia secara terbalik.

Komodor Zulkifli Abu Bakar, mengatakan, Senin (19/9/2011), pihaknya melihat kapal MT Yong An itu membuang sauh di perairan 4,5 mil laut tenggara Tanjung Pai yang merupakan wilayah Malaysia. Dikatakannya, kapal itu tidak melapor pada pihak berwenang bahwa akan melintasi perairan Malaysia.

Menurut Zulkifli, pihaknya memeriksa kapten kapal yang seorang WNI dan 12 anak buahnya yang sebagian besar juga WNI, kecuali seorang WNI China dan Sri Lanka.

Tuntutan lebih serius adalah cara awak kapal memasang Jalur Gemilang, bendara Malaysia. Bendara itu dipasang secara terbalik. "Cara mereka mengibarkan bendera nasional membuat pihak berwenang kami menyelidiki kapal itu," kata Zulkifli.

"Penyelidikan lebih lanjut mengungkap bahwa kapal itu tidak mengiformasikan keberadaan mereka di wilayah Malaysia kepada pihak berwenang. Mereka juga diselidiki karena secara sengaja merusak perdamaian dengan mengibarkan Jalur Gemilang secara terbalik," imbuhnya seperti dikutip harian The New Straits Times.

Kapten kapal, ucap Zulkifli, bisa terancam pasal provokasi karena secara sengaja memasang bendera Malaysia secara terbalik. Bila terbukti, kapten itu menghadapi hukuman penjar maksimal dua tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.