Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Sertifikatkan Lahan Urut Sewu

Kompas.com - 19/09/2011, 03:09 WIB

KEBUMEN, KOMPAS - Pihak TNI Angkatan Darat mulai melakukan sertifikasi untuk lahan seluas 1.150 hektar di kawasan Urut Sewu, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang menjadi sengketa dengan petani di Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren. Menurut pihak TNI AD, lahan itu telah terdaftar sebagai inventaris kekayaan negara.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen Mulhim Asyrof saat berkunjung ke Markas Kodim 0709 Kebumen, akhir pekan lalu, mengatakan, lahan yang digunakan untuk latihan uji coba senjata TNI itu didaftarkan sebagai inventaris kekayaan negara (IKN) dengan nomor registrasi 30709034 dalam surat bernomor S-825/KN/2011. Surat itu berisi tentang penelusuran data dokumen tempat latihan uji coba senjata TNI AD di Urut Sewu, yang dibuat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan bertanggal 29 April 2011. ”Dari dahulu, lahan tersebut memang sudah dijadikan tempat latihan TNI,” tutur Mulhim.

Surat itu juga menjelaskan, lahan Urut Sewu diperoleh dari peninggalan tentara KNIL tahun 1949. Kawasan yang membentang 22,5 kilometer dari Sungai Wawar sampai Sungai Luk Ulo sepanjang 500 meter dari bibir pantai tersebut kemudian menjadi barang milik negara karena telah terdaftar di IKN,

Lahan yang disertifikatkan itu termasuk pesisir di Desa Setrojenar, yang pada 16 April lalu menjadi tempat bentrokan petani setempat dan TNI. Petani menolak latihan TNI di kawasan itu karena merasa

memiliki hak atas tanah dan terganggu dengan latihan TNI. Mereka ingin kawasan itu dijadikan sentra agrowisata.

Seniman, Ketua Forum Paguyuban Petani Kebumen Selatan, mengatakan, sekitar 400 warga selama ini membayar pajak berdasarkan surat pemberitahuan pajak terutang di kawasan itu. Tanah warga tercatat berstatus letter C di kas Desa Setrojenar.

Menurut Koordinator Tim Advokasi Petani Urut Sewu Kebumen Teguh Punomo, penyertifikatan kawasan Urut Sewu merupakan preseden buruk bagi sengketa tanah yang melibatkan warga dan aparat negara. (GRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com