Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abbas Bikin Tegang AS

Kompas.com - 18/09/2011, 01:56 WIB

Ramallah, Sabtu - Pernyataan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (16/9), bahwa ia akan menuntut keanggotaan penuh Palestina pada Perserikatan Bangsa-Bangsa di depan Majelis Umum PBB pekan depan, memancing ketegangan diplomatik dengan Israel dan Amerika Serikat.

”Kami akan ke Dewan Keamanan PBB untuk menuntut hak sah kami guna memperoleh keanggotaan penuh Palestina di organisasi tersebut,” ujar Abbas dalam pidato yang disiarkan televisi di Ramallah.

Baik Israel maupun sekutunya, AS, menentang keras inisiatif ini dengan berpendapat bahwa sebuah negara Palestina hanya bisa diwujudkan melalui negosiasi langsung.

Sementara menurut Abbas dan rakyat Palestina umumnya, hampir 20 tahun perundingan langsung yang maju-mundur menyangkut status negara Palestina selalu berakhir dengan kebuntuan. Ada banyak alasan kebuntuan, di antaranya penolakan Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat, serta menyangkut Jerusalem Timur, wilayah yang dicaplok Israel pada peperangan Arab-Israel tahun 1967 dan juga Jalur Gaza, serta penolakan Israel untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Babak terakhir perundingan Abbas dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sudah kolaps sekitar setahun lalu ketika Israel menolak moratorium Palestina menyangkut pembangunan permukiman di Tepi Barat.

Menurut Abbas, langkahnya ke PBB tidak akan ”mengakhiri okupasi” (Israel), tetapi ini akan memperkuat cengkeraman Palestina.

Washington menanggapi, pihaknya akan memveto resolusi apa pun menyangkut status negara (Palestina) di Dewan Keamanan PBB. Malah sejumlah politisi AS mengatakan, mereka akan berupaya memotong bantuan AS ke Palestina yang jumlahnya sekitar 500 juta dollar AS per tahun jika Abbas tetap ngotot maju ke Dewan Keamanan PBB dengan keinginannya itu.

Sementara pernyataan dari kantor PM Netanyahu setelah pidato Abbas di Ramallah itu mengungkapkan, warga Palestina telah secara ”sistematis” menghindari perundingan langsung dengan Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Mark Toener, mengatakan, AS tetap berkeinginan agar kedua pihak, Palestina dan Israel, kembali ke meja perundingan. ”Dengan demikian, mereka bisa membahas soal status final Palestina dan mencapai kesepakatan perdamaian yang komprehensif yang menghasilkan dua negara hidup berdampingan,” katanya.

Kesibukan upaya diplomasi untuk menghambat keinginan Palestina di PBB juga terjadi di kalangan kuartet negosiator Timur Tengah, yang terdiri dari utusan Uni Eropa, AS, Rusia, dan PBB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com