Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Masalah di Kamar Mandi dan Solusinya

Kompas.com - 14/09/2011, 15:28 WIB

KOMPAS.com - Setidaknya ada empat permasalahan di kamar mandi kerap Anda hadapi. Bila tak diatasi, empat masalah ini malah akan semakin menjauhkan rasa nyaman saat Anda dan anggota keluarga lain sedang berada di dalam ruangan tersebut.

Adapun kempat masalah tersebut adalah:

1. Kunjungan kecoa

Kecoa menyenangi semua tempat lembab, salah satunya kamar mandi. Nah, bila Anda memakai floor drain berongga, segera ganti dengan yang bertutup agat tidak mudah dimasuki kecoa atau binatang lainnya.

Saat ini sudah tersedia floor drain yang dilengkapi bola untuk mencegah binatang seperti kecoa masuk dari saluran pembuangan. Saat kamar mandi tidak dipakai, lubang bisa ditutup untuk mencegah serangga datang.

Untuk pencegahan, gunakan bunga melati kering dan garam laut. Aroma wangi akan menyegarkan kamar mandi sekaligus mengusir kecoa.

2. Udara pengap dan panas

Kamar mandi yang terletak di tengah bangunan tidak memungkinkan sirkulasi udara berputar. Hasilnya, kamar mandi jadi pengap dan panas.

Pasanglah exhaust fan tipe propeller (baling-baling) di langit-langit kamar mandi. Meski sedikit berisik, namun daya sedotnya besar juga dilengkapi kisi-kisi pelindung. Bila menggunakan tipe sirocco (seperti AC), sistemnya seperti AC dan dilengkapi saluran udara dari seng berlapis busa dan aluminium foil. Tipe exhaust fan ini memang lebih mahal.

3. Rembes di Lantai kamar mandi atas

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com