Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Dick Cheney, Israel Segera Serang Iran

Kompas.com - 14/09/2011, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden ke-46 Amerika Serikat Dick Cheney meyakini, Israel akan segera menyerang Iran untuk melumpuhkan kekuatan nuklir Iran yang telah menjelma menjadi kekuatan militer baru di Asia dan Timur Tengah. 

Pernyataan Cheney yang disampaikan dalam wawancara eksklusif dengan Newsmax TV AS, Minggu (11/9/2011) waktu setempat, itu dikutip kembali oleh jurnalis warga  Abanggeutanyo di media sosial Kompasiana hari ini. 

Abanggeutanyo menulis, Cheney tidak saja hebat dalam politik dan berbisnis, tetapi juga hebat dalam intelijen. Dalam kaitan data intelijen, Cheney mempergunakan informasi yang disajikan oleh berbagai lembaga yang diyakininya memiliki tingkat akurasi dan kelayakan yang amat tinggi.  

"Dalam pandangan Dick Cheney, Israel telah siap siaga menyerang Iran dalam waktu dekat ini. Meskipun pernyataan ini mengandung tujuan yang jelas dan tersamar, tetapi patut dicermati dengan hati-hati," tulis Abanggeutanyo.

Dunia internasional dapat melihat tujuan jelas dan posisi Cheney dalam menekan Iran  karena isu nuklir sejak menjabat Wapres AS, tetapi Iran terbukti mampu keluar dari tekanan dan dikte internasional (PBB), terutama dari tekanan AS.  

"Seluruh dunia juga mampu melihat tujuan tersamar Cheney dan AS. Bukan rahasia umum lagi bahwa Cheney memiliki bisnis raksasa baik industri energi maupun pengadaan tenaga serta peralatan militer," kata Abanggeutanyo dalam artikelnya.  

Jika benar apa yang disampaikan oleh Cheney, katanya, berarti sama dengan prediksi salah seorang mantan petinggi CIA lainnya, Robert Baer, pada 17 Juli 2011 lalu, yang memprediksi bahwa perang Israel-Iran akan terjadi pada September 2011.  

Mengapa Iran menjadi obyek pemberitaan Cheney tentang rencana arogan Israel? Apakah prediksi ini akan menjadi kenyataan mengingat data-data dan analisis intelijen telah diperolehnya, sedangkan di sisi lain begitu banyak prediksi pakar serta analis tetapi selalu meleset? Mengapa AS, terutama Cheney, sangat ambisius dan provokatif terhadap Iran? 

Jawaban atas semua pertanyaan itu ada pada analisis Abanggeutanyo selengkapnya di Kompasiana. Sementara wawancara Cheney dengan Ron Kessler, koresponden Newsmax TV, tentang kemungkinan Israel menyerang Iran dalam waktu dekat dapat dilihat di bawah ini: 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com