Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saadi Khadafy Dalam Tahan Rumah

Kompas.com - 14/09/2011, 11:15 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Saadi Khadafy, putra pemimpin Libya Moammar Khadafy yang terjungkal, kini dikenakan tahanan rumah di satu gedung pemerintah di Niger, kata Departemen Luar Negeri AS, Selasa (13/9). Saadi tiba di negara Afrika barat itu pekan lalu.

"Setahu kami, seperti yang lain, ia dikenakan tahanan rumah di satu wisma tamu negara. Niger dan NTC bekerja sama dalam hal ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Victoria Nuland, kepada wartawan di Washington. NTC atau Dewan Transisi Nasional merupakan pemerintah sementara di Libya. "Pada dasarnya itu tahanan rumah di fasilitas pemerintah, itu yang kami tahu," lanjut Nuland.

Saadi (38), putra ketiga dari tujuh putra Khadafy, tiba di Niger, salah satu negara Afrika barat yang menerima keuntungan dari sumbangan Khadafy, Minggu lalu. Ia datang dalam rombongan dengan anggota lain dari rejim Libya yang tumbang tersebut.

Saadi, yang dipandang sebagai playboy, direkrut klub sepak bola divisi satu Italia, Perugia, tahun 2003. Namun ia jarang menendang bola karena diskors setelah positif punya nandrolone, sebuah steroid anabolik. Ia meninggalkan karir sepak bolanya setahun kemudian dan bergabug dengan militer Libya. Di sana ia memimpin satu unit elite militer negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com