Saadi Khadafy Dalam Tahan Rumah

Kompas.com - 14/09/2011, 11:15 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Saadi Khadafy, putra pemimpin Libya Moammar Khadafy yang terjungkal, kini dikenakan tahanan rumah di satu gedung pemerintah di Niger, kata Departemen Luar Negeri AS, Selasa (13/9). Saadi tiba di negara Afrika barat itu pekan lalu.

"Setahu kami, seperti yang lain, ia dikenakan tahanan rumah di satu wisma tamu negara. Niger dan NTC bekerja sama dalam hal ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Victoria Nuland, kepada wartawan di Washington. NTC atau Dewan Transisi Nasional merupakan pemerintah sementara di Libya. "Pada dasarnya itu tahanan rumah di fasilitas pemerintah, itu yang kami tahu," lanjut Nuland.

Saadi (38), putra ketiga dari tujuh putra Khadafy, tiba di Niger, salah satu negara Afrika barat yang menerima keuntungan dari sumbangan Khadafy, Minggu lalu. Ia datang dalam rombongan dengan anggota lain dari rejim Libya yang tumbang tersebut.

Saadi, yang dipandang sebagai playboy, direkrut klub sepak bola divisi satu Italia, Perugia, tahun 2003. Namun ia jarang menendang bola karena diskors setelah positif punya nandrolone, sebuah steroid anabolik. Ia meninggalkan karir sepak bolanya setahun kemudian dan bergabug dengan militer Libya. Di sana ia memimpin satu unit elite militer negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.