Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FA Rahasiakan Pemain yang Pakai Kokain

Kompas.com - 13/09/2011, 12:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Persatuan sepak bola Inggris, Football Association (FA), tetap merahasiakan nama-nama pemain Liga Primer yang diketahui menggunakan kokain dan obat terlarang lainnya berdasarkan hasil tes urine. FA tetap bersikeras merahasiakan nama-nama pemain meski salah satu stasiun televisi swasta, Channel 4, yang melakukan investigasi telah menyebutkan salah satu nama pemain, yaitu Garry O'Connor, mantan pemain Birmingham City.

FA merasa tak perlu membukanya karena mereka melakukan kebijakan untuk melakukan tes urine kepada para pemain tanpa permintaan dari Badan Antinarkotika Dunia. FA juga akan tetap merahasiakan hasil positif dari tes urine para pemain itu jika mereka tidak turun dalam pertandingan.

Menurut FA, keputusan untuk merahasiakan nama-nama pemain juga dilakukan demi para pemain. Sebagian besar pemain yang gagal dalam uji narkotika adalah pemain muda yang masih bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti rehabilitasi.

Salah satu juru bicara FA mengatakan bahwa FA bukannya berkompromi. FA melarang semua bentuk penggunaan obat terlarang dan narkotika di antara pemain sepak bola. Sanksi tetap dikenakan.

"Setiap pemain yang diketahui positif di luar kompetisi dikenakan sanksi terkait aktivitas sepak bola dalam jangka waktu hingga enam bulan jika melakukan pelanggaran untuk pertama kalinya," katanya.

Bagaimanapun juga, lanjutnya, para pemain itu juga berhak atas rehabilitasi dan konseling pascakonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com