JK: Jangan Ragu Berwirausaha

Kompas.com - 13/09/2011, 11:22 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

DENPASAR, KOMPAS.com — Kewirausahaan penting dan harus terus dikembangkan di Indonesia untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Namun, salah satu penyebab sulit berkembangnya wirausaha adalah ketidakpercayaan diri untuk memulai suatu usaha.

”Memulai usaha tidak perlu harus memiliki gelar terlebih dahulu, mulai saja sekarang. Yang penting ada semangat,” kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menjadi pembicara dalam seminar nasional tentang kewirausahaan di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Selasa (13/9/2011).

Berwirausaha, kata Jusuf Kalla, ibarat berenang. Sebelum dapat berenang, orang boleh membaca banyak referensi mengenai teknik berenang. ”Tapi ketika masuk ke kolam, ia tetap saja tenggelam,” katanya.

Wirausaha pun tidak hanya mengandalkan teori, tetapi juga praktik di lapangan sangat penting.

Jusuf Kalla mengingatkan para mahasiswa yang hadir dalam seminar itu untuk yakin dalam berwirausaha. Salah satu pertimbangannya adalah semakin sulitnya seseorang memperoleh pekerjaan, terutama menjadi pegawai negeri sipil, karena sudah ada moratorium PNS. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.