Unsyiah Anugerahi Kalla Doktor HC

Kompas.com - 12/09/2011, 16:41 WIB
EditorInggried

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menganugerahi Muhammad Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden RI, dengan gelar doktor honoris causa (HC). Gelar kehormatan tersebut diserahkan Rektor Unsyiah Prof Darni M Daud dalam rapat senat terbuka memperingati ulang tahun ke-50 Unsyiah di Gedung AAC Dayan Daud, Banda Aceh, Senin (12/9/2011).

Dalam sambutannya, Darni mengatakan, pemberian gelar doktor kehormatan tersebut diberikan karena Kalla menjadi tokoh sentral dalam memprakarsai perdamaian di Bumi Serambi Mekkah.

"Beliau memelopori perdamaian Aceh. Dalam merajut perdamaian tersebut, Beliau telah berbuat banyak, seperti melakukan pendekatan sosiokultural kepada pihak bertikai," kata dia.

Menurut Prof Darni, cara Kalla mendamaikan Aceh hampir serupa dilakukan Kolonel M Jasin. Kolonel M Jasin merupakan tokoh penting perdamaian antara DI/TII Aceh dengan pemerintah di masa lalu.

"Apa yang telah dilakukan Muhammad Jusuf Kalla terhadap damai di Tanah Rencong, maka sudah sewajarnya Unsyiah sebagai jantung hati rakyat Aceh menganugerahkan gelar kehormatan tersebut," kata Rektor.

Sementara itu, Kalla, dalam orasi ilmiahnya,  mengharapkan Unsyiah mampu memberikan sumbangsih besar terhadap pembangunan Aceh.

"Unsyiah merupakan pusat ilmu di Aceh. Karena itu, pemikiran dari Unsyiah harus diterapkan, sehingga masyarakat bisa bersaing secara kompetitif dalam kondisi apapun," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, dengan persaingan yang semakin ketat, para alumni Unsyiah harus menanamkan prinsip kerja keras, sehingga membuahkan hasil maksimal.

"Tiga hal yang perlu diterapkan dalam menghadapi era globalisasi ini. Yakni, kreatif, inovatif dan pekerja keras," jelas mantan Wakil Presiden RI tersebut.

Rapat senat terbuka dan penganugerahan gelar doktor HC kepada Muhammad Jusuf Kalla tersebut turut dihadiri Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Adi Mulyono dan Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, serta pada akademisi Unsyiah dan undangan lainnya.

Sebelumnya, pada Sabtu pekan lalu, Kalla juga mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Hassanuddin, Makasar, dalam bidang ekonomi dan politik.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.