Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebar Hoax 9/11, Peretas Bajak Akun Twitter NBC

Kompas.com - 11/09/2011, 20:43 WIB

KOMPAS.com - Akun Twitter NBC News (@NBCNews) dibajak peretas (hacker) pada Jumat (9/9/2011) lalu. Akun twitter tersebut menampilkan informasi berita NBC News, berisi laporan palsu tentang serangan pesawat di Ground Zero, Manhattan. Informasi tersebut dikutip dari situs resmi serangan World Trade Center (WTC 9/11), seolah-olah tragedi sepuluh tahun lalu tersebut akan terulang kembali. Peretas juga mengubah profil twitter NBC News dan dengan jelas menyebutkan bahwa akun tersebut sudah dibajak oleh The Script Kiddies.

Ini bukan pertama kalinya akun Twitter berita dibajak peretas. Sebelumnya, Fox News (@foxnewspolitics) pada bulan Juni juga menyebarkan berita hoax bahwa Presiden Obama terbunuh saat peringatan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Saat itu, Script Kiddies juga mengaku berada di balik pembajakan akun tersebut.

Seperti kasus bulan Juni, akun twitter NBC News juga dimatikan sementara sesaat setelah Digital Officer NBC News yang bernama Vivian Schiller memberikan konfirmasi bahwa akun tersebut memang benar telah di-hack. Melalui akun twitter-nya, Schiller menyarankan agar semua posting dari akun twitter NBC News tidak di-retweet. NBC News kemudian melaporkan kejadian ini kepada FBI.

Script Kiddies adalah kelompok peretas yang sudah terkenal seperti kelompok lainnya, yakni Anonymous. Kelompok-kelompok ini terus merekrut anggota dan target serangan mereka adalah perusahaan-perusahaan yang mendunia. Khusus Script Kiddies, FBI menemukan fakta bahwa kelompok ini memang fokus kepada organisasi berita. Script Kiddies mampu menembus akun Twitter NBC News padahal yang mengetahui password akun tersebut hanya tiga orang eksekutif NBC News sendiri.

Pembaca berita Brian Williams membaca tweet NBC Nightly News pada jumat malam itu yang kemudian menyadari pertama kali bahwa akun tersebut telah dibajak. Setelah Vivia Schiller menyampaikan melalui akun twitternya agar tidak me-retweet postingan dari @NBCNews, manajemen bekerja sama dengan twitter langsung menutup akun tersebut untuk sementara dan meminta maaf kepada para follower. NBC News juga menginformasi bahwa serangan seperti yang tertulis dalam postingan adalah hoax.

Script Kiddies merupakan kelompok yang berpisah dari dua keompok peretas yang menjadi target FBI, yakni "Anonymous" dan "LulzSec". Berbeda dengan tujuan dari dua kelompok besar yang mereka tinggalkan, Script Kiddies hanyalah ingin mempermalukan organisasi berita. "Ini adalah kelompok yang telah ada selama beberapa bulan. Banyak dari mereka tidak menyukai media mainstream, namun mereka bisa juga melakukan ini untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan kredibilitas mereka," ujar Barret Brown, juru bicara Anonymous saat kasus pembajakan Fox News terjadi.

Hingga kini FBI masih melakukan penyelidikan seputar kelompok-kelompok peretas ini dan telah mengumpulkan data-data dari NBC News. FBI belum mau mengeluarkan pernyataan, nama-nama orang yang akan dijadikan tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com