Langkah Meksiko Akan Menyinggung China?

Kompas.com - 10/09/2011, 15:53 WIB
EditorLatief

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Presiden Meksiko Felipe Calderon, Jumat, mengadakan pertemuan "pribadi" dengan Dalai Lama. Ini merupakan suatu langkah yang pasti akan menyinggung China, yang menyebut bahwa pemimpin spiritual Tibet di pengasingan itu mengupayakan kemerdekaan.

Pihak dari kantor Calderon mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa pasangan tersebut telah membahas arti pentingnya mempromosikan nilai-nilai etika dalam masyarakat kontemporer. Presiden Meksiko menegaskan kembali pengakuan negaranya atas "prinsip satu-China" dan pengakuan penuh atas kedaulatan China terhadap Tibet.

Dalai Lama sendiri menggambarkan pertemuan itu "sangat baik" dan terjadi dalam suasana yang "bersahabat". Ia menambahkan bahwa Calderon telah menanyakan tentang situasi di Tibet.

Pertemuan itu memang tidak tercantum dalam agenda publik Calderon, dan tidak juga menjadi bagian dari jadwal resmi kunjungan ketiga Dalai Lama ke Meksiko. Ia tiba di Meksiko pada Kamis (8/9/2011) malam. Beijing menganggap Tibet sebagai bagian "tak terpisahkan" dari China dan Dalai Lama, yang tinggal di pengasingan di India dan dianggap sebagai orang yang berupaya memecah belah negara itu.

China secara teratur memprotes pertemuan-pertemuan Dalai Lama di luar negeri. Pada Juli lalu, China mengatakan bahwa pertemuan Presiden AS Barack Obama dengan pendeta Buddha itu telah merusak hubungan di antara kedua negara.

Sebaliknya, Dalai Lama mengatakan bahwa dia mencari hak-hak yang lebih besar secara damai di Tibet dan menerima kekuasaan China. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu meninggalkan Tibet setelah pemberontakan yang gagal terhadap pemerintahan China pada 1959. Dia kemudian mendirikan pemerintah Tibet di pengasingan di Dharamshala, India utara, tetapi kemudian menyerahkan peran kepemimpinan politik pada bulan Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X