Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Naikkan Level Siaga Jelang 9/11

Kompas.com - 08/09/2011, 13:20 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pentagon, Rabu waktu setempat, menyatakan, pihaknya menaikkan level siaga pangkalan-pangkalan militer di Amerika Serikat sebelum peringatan ke-10 serangan teroris pada 11 September 2011 atau yang dikenal dengan 9/11.

"Level perlindungan bagi instalasi-instalasi militer, sebagian besar di Amerika Serikat dinaikkan sebelum 9/11," kata Sekretaris Pers George Little kepada wartawan. "Ini bukan tanggapan atas ancaman tertentu tapi langkah hati-hati dan waspada."

Al Qaeda telah "menitikberatkan aksinya pada hari-hari libur dan peristiwa-peristiwa penting di masa lalu" dan ulang tahun ke-10 serangan-serangan 9/11 "disebutkan dalam dokumen-ddokumen yang disita" dalam serangan AS pada Mei yang menewaskan Osama bin Laden di kompleks rumahnya di Pakistan, kata Little.

Keputusan itu, yang mulai berlaku Rabu, diambil Menteri Pertahanan Leon Paneta atas rekomendasi Kepala Komandan Utara Jenderal Charles Jacoby, yang mengawasi pasukan di Amerika Utara, katanya. Pentagon menolak mengungkap rincian level keamanan baru itu atau langkah-langkah apa yang mungkin diperlukan di pangkalan-pangkalan di AS.

Sebagian besar pangkalan AS di luar negeri sudah beroperasi di bawah level siaga tinggi, kata Little.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengatakan tak ada info intelejen khusus atau kredibel bahwa Al Qaeda atau kelompok-kelompok pendukungnya merencanakan serangan terkait dengan 10 tahun serangan teror terburuk di wilayah AS itu. Namun Napolitano mengatakan, pemerintah telah mengambil sikap waspada menjelang peringatan itu dan para pejabat mengatakan langkah Pentagon itu merujuk pada hal tersebut.

Usaha-usaha kontra terorisme AS mengalami perbaikan besar-besaran setelah 11 September 2001 ketika hampir 3.000 orang tewas di New York, Washington dan Pennsylvania.

Keamanan AS diperkirakan akan diperketat hari Minggu ini untuk pelaksanaan peringatan ketika Presiden Barack Obama menghadiri upacara di tiga tempat yang diserang teroris, yaitu Ground Zero di Manhattan, tempat Pusat Perdagangan Dunia berdiri; Pentagon di luar Washington; dan Shanksville, Pennsylvania, tempat satu jet United Airlines yang dibajak jatuh setelah para penumpang dan awak pesawat melawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com