Lima Masalah dan Solusi Seputar Keramik Dinding

Kompas.com - 07/09/2011, 10:24 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

KOMPAS.com - Memasang keramik pada dinding, tak terlepas pada permasalahan pemasangannya. Untuk menghasilkan keramik yang menawan pada dinding rumah,  Anda harus mengerti masalah apa saja yang kerap terjadi berikut solusinya.

Terdapat sedikitnya lima masalah seputar pemasangan keramik pada dinding.

1. Nat kotor

Seringkali kita melihat nat keramik kotor dan terkena noda, biasanya terjadi pada dinding dapur karena cipratan minyak atau bumbu saat memasak. Bila tidak lekas dibersihkan, nat akan kotor.

Solusi: Bongkar nat yang kotor dengan cara dikerok menggunakan kape atau pisau kecil hingga bersih. Setelah kering, isi kembali dengan nat berkualitas. Kini banyak tersedia nat berwarna-warni disesuaikan warna dinding.

Pastikan celah nat terisi penuh saat pemasangan keramik, tujuannya agar tidak ada kotoran yang tertinggal di dalamnya.

2. Keramik lepas

Keramik lepas kerap terjadi pada permukaan dinding. Penyebabnya, antara lain kualitas campuran lapisan dasar kurang baik misalnya terlalu banyak atau kurang semen.

Bisa juga karena pemasangan keramik kurang jeli hingga menyisakan rongga diantara keramik dan dinding. Pemakaian lem yang salah juga menjadi salah satu penyebab, dan waktu perendaman keramik kurang lama menjadi sebab lainnya.

Solusi: Lepas keramik secara perlahan agar keramik yang masih utuh tidak ikut terlepas. Bersihkan sisa nat yang kotor, lalu bongkar dan pasang keramik yang masih menempel di dinding hingga permukaan lantai. Pasang keramik pengganti dengan memberikan lapisan dasar pada dinding lebih dulu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.