Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Dukung Misi Dagang ke Afrika

Kompas.com - 06/09/2011, 22:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah Kementerian Perdagangan yang akan melakukan misi dagang ke sejumlah negara di Afrika pada tahun ini.

"Kadin sangat mendukung sinergi yang positif antara pemerintah dengan dunia usaha. Dengan adanya misi dagang ini, akan menjadi lebih mudah bagi kami untuk membangun hubungan bisnis dengan dunia usaha di Afrika," ujar Mintardjo Halim selaku Ketua Komite Afrika Kadin Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/9/2011).

Menurut Mintardjo, Afrika merupakan wilayah yang potensial untuk diversifikasi pasar. Ini karena perekonomiannya sedang berkembang, dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang besar. Termasuk juga daya beli masyarakat yang meningkat.

Secara keseluruhan, hubungan dagang Indonesia dengan negara-negara di wilayah Afrika mengalami peningkatan belakang ini. Ekspor Indonesia ke Afrika terus mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Tahun 2010 , ekspor Indonesia ke Afrika mencapai 3,5 miliar dollar AS. Naik sekitar 30 persen dari tahun 2009 dengan nilai ekspor sebesar 2,7 miliar dollar AS.

Tidak hanya itu, impor dari negara-negara Afrika pun meningkat. Impor naik 20 persen, dari 2 miliar dollar AS pada 2009 menjadi 2,4 miliar dollar AS pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com