Buaya Monster Ini Beratnya 1.075 Kg

Kompas.com - 06/09/2011, 11:52 WIB
EditorEgidius Patnistik

MANILA, KOMPAS.com - Seekor buaya raksasa berberat 1.075 kilogram telah ditangkap di Filipina. Harian Australia, Sydney Morning Herald, Selasa (6/9/2011) melaporkan, buaya itu memiliki panjang 6,4 meter dan ditangkap penduduk dan peternak buaya di sebuah sungai di Bunawan, Provinsi Agusan del Sur, Filipina selatan pada Sabtu malam lalu.

Wali Kota Bunawan, Cox Elorde, Senin, mengatakan, puluhan orang berhasil menangkap buaya jantan itu setelah tiga pekan melakukan perburuan. "Kami takut tetapi sudah menjadi tugas kami untuk mengamankan warga desa dari ancaman," kata Elorde melalui telepon kepada AFP.

"Ketika saya berdiri di depan buaya itu, saya tidak percaya dengan apa yang saya lihat," tambahnya. Harian setempat, Sun Star, melaporkan, sedikitnya 90 orang dikerahkan untuk menarik buaya air tawar seberat 1.075 kilogram itu dari sungai. Buaya itu merupakan salah satu dari buaya raksasa yang berhasil ditangkap di Filipina dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Elorde berharap buaya itu akan menjadi pusat atraksi di sebuah taman ekowisata yang tengah direncanakan. "Buaya itu akan menjadi bintang terbesar taman itu," katanya. Ia menambahkan, dirinya akan senang jika sukses mengubah buaya itu "dari ancaman menjadi sebuah aset".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.