Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Hendak Gunakan Pesawat Pribadi

Kompas.com - 05/09/2011, 02:32 WIB

Washington, Minggu - Hanya sepekan menjelang peringatan 10 tahun terjadinya tragedi 11 September 2001, FBI dan Keamanan Dalam Negeri AS mengeluarkan peringatan ancaman bom baru. Jaringan Al Qaeda dilaporkan tengah mempersiapkan serangan dengan pesawat pribadi sewaan.

Otoritas berwenang Amerika Serikat tidak mengeluarkan peringatan khusus dan kredibel tentang adanya ancaman teroris terkait dengan peringatan tragedi 11 September tersebut. Meski demikian, aparat keamanan AS telah memperingatkan warga tentang adanya peningkatan keamanan nasional sebagai antisipasi.

Dalam buletin penegakan hukum setebal lima halaman yang terbit pada Jumat (2/9) tertulis Al Qaeda tengah mempertimbangkan cara baru untuk menyerang, yakni dengan menggunakan pesawat terbang kecil atau pesawat pribadi yang sengaja disewa untuk misi jahatnya itu. Warga di seluruh negeri diminta waspada. Peringatan dikeluarkan pada saat padatnya arus liburan musim panas di akhir pekan kemarin.

”Al Qaeda dan afiliasinya menunjukkan ketertarikannya dalam pelatihan penerbangan, terutama dengan pesawat-pesawat kecil, juga dalam merekrut individu dari Barat untuk dilatih di Eropa dan AS,” tulis buletin itu.

Simpatisan Barat

Namun, pemerintah belum mempunyai informasi atau sumber intelijen terkini dan kredibel tentang kapan, di mana, dan bagaimana persisnya serangan bom dengan pesawat kecil itu bakal terjadi. Al Qaeda diduga akan menggunakan simpatisannya dari Barat untuk mendapatkan pelatihan penerbangan. Kemudian, mereka dijadikan instruktur penerbangan itu.

Matthew Chandler, juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri, mengatakan, laporan di buletin itu adalah bagian dari terbitan rutin mereka. ”Kami selalu berbagi informasi ini dengan mitra tentang pentingnya kesadaran dan kewaspadaan berkelanjutan,” katanya.

Ancaman menggunakan pesawat kecil bukanlah hal baru. Setelah serangan 11 September 2001, aparat keamanan AS pada 2002 mengungkapkan rencana Al Qaeda menggunakan pesawat kecil untuk menyerang kapal perang AS di Teluk. Pada 2003, terungkap pula rencana jaringan Al Qaeda menggunakan pesawat kecil berisi bahan-bahan peledak untuk menyerang konsulat AS di Karachi, Pakistan.(AP/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com