Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kapalkan Bantuan Kemanusiaan ke Tanduk Afrika

Kompas.com - 02/09/2011, 15:03 WIB

KOMPAS.com - China kapalkan bantuan kemanusiaan seri pertama ke negara-negara di Tanduk Afrika untuk mengurangi bencana kelaparan di situ. Menurut warta Xinhua pada Jumat (2/9/2011), koordinasi pengiriman bantuan itu menjadi bagian tugas Kementerian Perdagangan China.

Kapal yang bertolak dari pelabuhan Tianjin tersebut memuat 1.440 metrik ton gandum. Diharapkan, kapal tersebut tiba di Etiopia melalui Djibouti pada akhir bulan ini.

Kapal berikutnya berangkat dari pelabuhan Shanghai akhir September. Kapal dengan destinasi Kenya itu memuat 500 metrik ton beras. Selain itu, China akan mengirimkan minyak goreng dan tepung terigu ke negara-negara Tanduk Afrika tersebut. 

Sebelumnya, China sudah mengumumkan menyediakan bantuan senilai 70 juta dollar AS bagi negara-negara Afrika yang terkena bencana kekeringan dan kelaparan. Dari jumlah itu, 16 juta dollar AS berbentuk tunai. Dana sebesar itu dialirkan melalui Badan Pangan Dunia PBB (WFP) untuk Somalia.

Kini, Somalia adalah negeri terparah terlanda kekeringan dan kelaparan. Sedikitnya, 3,6 juta warga negara tersebut terancam kelaparan. Setidaknya, enam anak Somalia meninggal dunia tiap harinya lantaran malnutrisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com