Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu dan Menkeu Baru Jepang Berusia 40-an Tahun

Kompas.com - 02/09/2011, 10:53 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Perdana Menteri baru Jepang, Yoshihiko Noda, memberikan pos-pos menteri luar negeri dan menteri keuangan kepada anggota parlemen berusia 40-an tahun. Usia yang relatif muda dalam peran politik Jepang.

Menteri Keuangan dijabat oleh Juni Azumi (49), sedangkan Menteri Luar Negeri dipegang oleh Koichiro Gemba (47).

Azumi berasal dari Prefektur Miyagi di timur laut Jepang, daerah yang hancur akibat gempa dan tsunami pada 11 Maret 2011. Azumi pernah menjadi reporter TV NHK sebelum terjun dalam dunia politik. Ini pengalaman pertama Azumi menjadi menteri.

Sebelumnya, Azumi adalah kepala partai yang berkuasa dalam urusan parlemen di bawah kepemimpinan Naoto Kan. Ia berjuang memenangkan kerja sama dengan partai-partai oposisi agar parlemen tidak terpecah.

Sebagai Menteri Keuangan, Azumi menghadapi tugas berat, membentengi ekonomi dari kekuatan mata uang yen, dan mengatasi utang publik yang menggelembung mengingat populasi Jepang makin menua dan membutuhkan ongkos keamanan sosial yang meningkat.

Adapun Koichiro Gemba, Menteri Luar Negeri Jepang yang baru, sebelumnya adalah menteri di dalam kabinet Naoto Kan. 

Mengenai Yoshihiko Noda, ia terpilih sebagai perdana menteri pada Selasa pekan ini. Noda mewarisi tantangan pemulihan bencana, krisis nuklir, yen yang melonjak, dan utang publik yang besar.

Ia menggantikan Naoto Kan, yang mengundurkan diri setelah menjadi perdana menteri selama 14 bulan, dan menghadapi hujan kritik yang pedas atas penanganan pemerintahan pasca-gempa bumi dan tsunami serta krisis nuklir yang berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com