Menlu dan Menkeu Baru Jepang Berusia 40-an Tahun

Kompas.com - 02/09/2011, 10:53 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

TOKYO, KOMPAS.com — Perdana Menteri baru Jepang, Yoshihiko Noda, memberikan pos-pos menteri luar negeri dan menteri keuangan kepada anggota parlemen berusia 40-an tahun. Usia yang relatif muda dalam peran politik Jepang.

Menteri Keuangan dijabat oleh Juni Azumi (49), sedangkan Menteri Luar Negeri dipegang oleh Koichiro Gemba (47).

Azumi berasal dari Prefektur Miyagi di timur laut Jepang, daerah yang hancur akibat gempa dan tsunami pada 11 Maret 2011. Azumi pernah menjadi reporter TV NHK sebelum terjun dalam dunia politik. Ini pengalaman pertama Azumi menjadi menteri.

Sebelumnya, Azumi adalah kepala partai yang berkuasa dalam urusan parlemen di bawah kepemimpinan Naoto Kan. Ia berjuang memenangkan kerja sama dengan partai-partai oposisi agar parlemen tidak terpecah.

Sebagai Menteri Keuangan, Azumi menghadapi tugas berat, membentengi ekonomi dari kekuatan mata uang yen, dan mengatasi utang publik yang menggelembung mengingat populasi Jepang makin menua dan membutuhkan ongkos keamanan sosial yang meningkat.

Adapun Koichiro Gemba, Menteri Luar Negeri Jepang yang baru, sebelumnya adalah menteri di dalam kabinet Naoto Kan. 

Mengenai Yoshihiko Noda, ia terpilih sebagai perdana menteri pada Selasa pekan ini. Noda mewarisi tantangan pemulihan bencana, krisis nuklir, yen yang melonjak, dan utang publik yang besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menggantikan Naoto Kan, yang mengundurkan diri setelah menjadi perdana menteri selama 14 bulan, dan menghadapi hujan kritik yang pedas atas penanganan pemerintahan pasca-gempa bumi dan tsunami serta krisis nuklir yang berkelanjutan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X