Pangeran Harry Berlatih dengan Apache di AS

Kompas.com - 01/09/2011, 23:36 WIB
EditorLaksono Hari W

LONDON, KOMPAS.com — Pangeran Harry berencana mengikuti pelatihan terbang dengan helikopter Apache di Amerika Serikat pada akhir tahun ini. Latihan ini dilakukan untuk menambah pengalamannya menunggangi mesin tempur tersebut.

Kementerian Pertahanan Inggris, Kamis (1/9/2011), menyebutkan, Pangeran Harry akan ikut mengambil bagian dalam latihan dua bulan di pangkalan Angkatan Udara Gila Bend Auxiliary di Arizona dan lapangan terbang Angkatan Laut AS di El Centro, California.

"Pelatihan di Amerika Serikat terdiri dari latihan lingkungan dan latihan menembak langsung maupun taktis," kata seorang juru bicara Kemenhan Inggris.

Juru bicara tersebut mengemukakan, latihan "Crimson Eagle" itu memungkinkan pilot Inggris untuk berlatih dengan Apache di daerah kering dan berdebu yang mirip dengan kondisi di Afganistan selatan. Sekitar 9.500 tentara Inggris diterjunkan untuk menjaga perdamaian di wilayah pergolakan tersebut.

Militer AS mengonfirmasi adanya rencana pelatihan militer tersebut, tetapi menolak berkomentar lebih jauh tentang tugas Kerajaan Inggris.

Unit helikopter Inggris dan sekutu-sekutu NATO lainnya secara teratur berlatih di El Centro, California selatan, dekat perbatasan Meksiko. Markas latihan ini memiliki sejumlah latihan menembak. "Beragam skuadron datang dari seluruh dunia untuk berlatih di sini. Ini merupakan lokasi latihan gurun yang luar biasa," kata Michelle Dee, juru bicara pangkalan AL di El Centro.

Pangeran Harry, yang dijuluki sebagai "Kapten Wales", telah dinyatakan lulus tes menerbangkan Apache dan dianugerahi Apache Flying Badge pada April 2011. Ia telah menegaskan tekadnya untuk kembali bertugas di Afganistan, tempat di mana ia pernah bertugas sebagai prajurit pada 2007-2008.

Kemenhan Inggris menolak berkomentar soal spekulasi adanya "lampu hijau" yang diberikan kepada Pangeran Harry untuk pergi ke Afganistan sebagai pilot Apache.

Dalam pernyataannya, juru bicara Kemenhan Inggris mengatakan bahwa program latihan di AS itu, antara lain, bertujuan untuk menjadikan peserta sebagai pilot Apache. "Kapten Wales akan bergabung dengan salah satu dari skuadron Apache dan mendapatkan pengalaman lebih untuk menerbangkan Apache dan ambil bagian dalam latihan di Inggris," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.