Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Cari Suaka di Aljazair

Kompas.com - 01/09/2011, 09:26 WIB

ALJIER, KOMPAS.com — Pemimpin Libya Moammar Khadafy berada di satu kota kecil di perbatasan Libya-Aljazair untuk menunggu izin memasuki Aljazair, demikian laporan harian berbahasa Prancis, El Watan, Rabu (31/8/2011).

Mengutip keterangan sumber dari kantor presiden Aljazair, laporan itu menyatakan, Khadafy berada di Ghadames, kota kecil di Libya barat, bersama sisa anggota keluarganya.

Khadafy berusaha berunding dengan Pemerintah Aljazair mengenai izin memasuki negeri tersebut, kata laporan itu, Kamis (1/9/2011). Ditambahkannya, Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika menolak menjawab telepon Khadafy.

Malah, seorang pembantu Presiden Aljazair meminta maaf kepada Khadafy dan memberi tahu dia bahwa Bouteflika sibuk, kata laporan tersebut.

Namun, laporan itu belum bisa dikonfirmasi.

Selasa pagi (30/8/2011) dilaporkan bahwa Aisha, putri Khadafy, melahirkan bayi perempuan di Aljazair saat Aljier menyatakan negara tersebut memutuskan menerima istri dan tiga anak pemimpin Libya itu "semata-mata karena alasan kemanusiaan".

"Aisha melahirkan Selasa dini hari. Ia melahirkan bayi perempuan. Ibu dan putrinya sehat," kata seorang pejabat pemerintah yang tak ingin disebutkan jati dirinya itu.

Selasa pagi, juru bicara Kementerian Luar Negeri di Aljier, Amar Belani, menegaskan bahwa Aisha; saudaranya, Mohammed dan Hannibal; serta ibu mereka, Safia, istri kedua Khadafy, diperkenankan memasuki negeri tersebut "semata-mata karena alasan keamanan".

Sejauh ini, Aljazair tak mengakui pemerintah gerilyawan Libya dan telah mengambil sikap netral mengenai konflik di negara tetangganya tersebut sehingga sebagian gerilyawan menuduh Aljazair mendukung pemerintahan Khadafy.

Juru bicara NTC (Dewan Peralihan Nasional) menuduh Aljazair, tetangga di sebelah barat Libya, melakukan agresi dan mengatakan dewan itu akan mengupayakan ekstradisi keluarga Khadafy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com