Khadafy Cari Suaka di Aljazair

Kompas.com - 01/09/2011, 09:26 WIB
EditorKistyarini

ALJIER, KOMPAS.com — Pemimpin Libya Moammar Khadafy berada di satu kota kecil di perbatasan Libya-Aljazair untuk menunggu izin memasuki Aljazair, demikian laporan harian berbahasa Prancis, El Watan, Rabu (31/8/2011).

Mengutip keterangan sumber dari kantor presiden Aljazair, laporan itu menyatakan, Khadafy berada di Ghadames, kota kecil di Libya barat, bersama sisa anggota keluarganya.

Khadafy berusaha berunding dengan Pemerintah Aljazair mengenai izin memasuki negeri tersebut, kata laporan itu, Kamis (1/9/2011). Ditambahkannya, Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika menolak menjawab telepon Khadafy.

Malah, seorang pembantu Presiden Aljazair meminta maaf kepada Khadafy dan memberi tahu dia bahwa Bouteflika sibuk, kata laporan tersebut.

Namun, laporan itu belum bisa dikonfirmasi.

Selasa pagi (30/8/2011) dilaporkan bahwa Aisha, putri Khadafy, melahirkan bayi perempuan di Aljazair saat Aljier menyatakan negara tersebut memutuskan menerima istri dan tiga anak pemimpin Libya itu "semata-mata karena alasan kemanusiaan".

"Aisha melahirkan Selasa dini hari. Ia melahirkan bayi perempuan. Ibu dan putrinya sehat," kata seorang pejabat pemerintah yang tak ingin disebutkan jati dirinya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selasa pagi, juru bicara Kementerian Luar Negeri di Aljier, Amar Belani, menegaskan bahwa Aisha; saudaranya, Mohammed dan Hannibal; serta ibu mereka, Safia, istri kedua Khadafy, diperkenankan memasuki negeri tersebut "semata-mata karena alasan keamanan".

Sejauh ini, Aljazair tak mengakui pemerintah gerilyawan Libya dan telah mengambil sikap netral mengenai konflik di negara tetangganya tersebut sehingga sebagian gerilyawan menuduh Aljazair mendukung pemerintahan Khadafy.

Juru bicara NTC (Dewan Peralihan Nasional) menuduh Aljazair, tetangga di sebelah barat Libya, melakukan agresi dan mengatakan dewan itu akan mengupayakan ekstradisi keluarga Khadafy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X