Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Tertua Ini Berenang demi Kanker

Kompas.com - 01/09/2011, 05:01 WIB

GUERNSEY, KOMPAS.com – Tidak ada kata sudah tua. Inilah keyakinan yang dimiliki Roger Allsopp, seorang pensiunan ahli bedah kanker payudara, yang berusia 70 tahun 4 bulan saat berusaha menyeberangi Selat Inggris. Allsopp akhirnya sukses memecahkan rekor manusia tertua yang berhasil menyeberangi Selat Inggris dengan berenang.

Roger Allsopp, yang berasal dari Guernsey ini membutuhkan waktu hampir 18 jam untuk membukukan rekor sebagai perenang tertua, yang mampu menyeberang dari Pantai Shakespeare di Dover, Kent, menuju pantai Perancis.

Allsopp berhasil mematahkan rekor dunia manusia tertua yang dipegang oleh George Brunstad, mantan kapten United Airlines, yang merupakan paman aktor Matt Damon. George Brunstad berhasil menyeberangi Selat Inggris saat berusia 70 tahun 4 hari pada Agustus 2004.

Allsopp memulai berenang pada Rabu (31/8/2011) pukul 08.00 waktu setempat. Untuk memecahkan rekor dunia, dia harus berenang sejauh 21 mil laut (sekitar 38,89 kilometer) hingga mencapai pantai Perancis.

Di luar dugaan, Allsopp mampu berenang selama 17 jam, 51 menit. "Awalnya, saya merasa berat, rasanya sulit. Namun, kini saya lega karena telah berhasil memecahkan rekor dunia," katanya.

"Ini telah menjadi tantangan yang luar biasa bagi saya karena utamanya saya hanya ingin membantu mengumpulkan dana bagi penderita kanker payudara. Dana tersebut bisa digunakan untuk penelitian lanjut bagi Guernsey dan Wessex Medical Research. Ini merupakan kepuasan tersendiri bagi saya," lanjutnya.

"Faktanya, saya adalah orang yang sudah tua. Banyak yang meragukan kemampuan saya. Sulit meyakinkan orang bahwa saya mampu mengatasi tekanan fisik dan mental, seperti layaknya orang yang masih berusia muda," kata Allsopp, yang pernah ikut sebagai peserta lari maraton London pada usia 60 tahun.

"Sulit untuk memercayai orang berusia 70 tahun mampu berenang nonstop menyeberang Selat Inggris. Namun, kami sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada Roger untuk usahanya yang tak kenal menyerah. Dengan ini, kami menetapkan Roger Allsopp sebagai pemegang Guinness World Record Baru," kata Anna Orford, ketua juri Guinness World Records.

Kronologi kakek ini berani mengambil tantangan tersebut gara-gara melihat tulisan di sebuah pub di Dover untuk menandai keberhasilan George Brunstad memecahkan rekor menyeberangi Selat Inggris.

Selama 136 tahun, rekor yang diciptakan kapten Angkatan Laut Inggris, Matius Webb, perenang pertama, yang berenang dari Dover menuju Cap Gris Nez, Perancis dalam waktu 21 jam, 45 menit, pada tahun 1868 ini, bertahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com