Oposisi Klaim Rencana Penyerahan Diri Putra Khadafy

Kompas.com - 31/08/2011, 22:53 WIB
EditorLaksono Hari W

TRIPOLI, KOMPAS.com – Pimpinan kubu oposisi di Libya mengklaim bahwa Al-Saadi al-Khadafy, putra mantan pemimpin Libya Moammar Khadafy, berencana melakukan negosiasi untuk menyerahkan diri.

Pemimpin kelompok oposisi Libya, Abdel Hakim Belhaj, mengatakan, awalnya Al-Saadi meneleponnya pada Selasa (30/8/2011) dan meminta jaminan keselamatan setelah dia menyerah. "Kami bilang kepadanya, 'Jangan khawatirkan hidup Anda. Kami jamin hak Anda sebagai manusia dan kami akan bernegosiasi dengan Anda secara baik-baik'," kata Belhaj.

Jika Al-Saadi benar-benar menyerah, hal itu akan menjadi pukulan telak bagi pendukung rezim Khadafy. Sebelumnya, oposisi Libya telah menangkap putra lain dari Khadafy, Seif al-Islam. Kubu oposisi memberikan tenggat kepada pengikut Khadafy di Sirte untuk menyerah pada Sabtu (3/8/2011) nanti atau mereka bakal menyerang pengikut Khadafy.

Belhaj mengatakan, Al-Saadi mengaku kepadanya bahwa ia tak membunuh siapa pun dan ia tidak ingin melawan keinginan rakyat. "Saya bilang kepadanya, 'Itu bagus. Yang terpenting bagi kami bukan pertumpahan darah Libya. Bagi anggota rezim, menyerah adalah jalan terbaik'," kata Belhaj.

Ia menambahkan, Al-Saadi kembali menghubunginya pada Rabu (31/8/2011) pagi, tapi ia tak mengangkat teleponnya. Belhaj telah mengetahui posisi persembunyian Al-Saadi, tetapi ia lebih senang menawarkan penyerahan diri.

Beberapa jam sebelum Belhaj mengatakan hal tersebut, juru bicara Khadafy, Moussa Ibrahim, juga menghubungi kantor AP di New York dan menyatakan bahwa kubu loyalis telah menawarkan untuk mengajukan Al-Saadi dalam bernegosiasi dengan kubu oposisi dan membentuk pemerintahan transisional. Kelompok oposisi membantah pernyataan tersebut. Ibrahim juga menolak ultimatum kaum oposisi yang mendesak kaum loyalis di Sirte untuk menyerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X