Sekjen PBB Kunjungi Australia dan Selandia Baru

Kompas.com - 31/08/2011, 11:36 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

SYDNEY, KOMPAS.com — Pemimpin PBB Ban Ki-moon akan mengunjungi Australia pada awal September dalam perjalanan pertama ke negara kanguru itu oleh seorang Sekretaris Jenderal PBB dalam lebih dari satu dekade.

Ban Ki-moon juga akan berkunjung ke Selandia Baru, Kepulauan Solomon, dan Kiribati. Ia akan membahas masalah perubahan iklim, demikian laporan ChannelNewsAsia, mengutip kantor berita Perancis AFP, Rabu (31/8/2011).

Ban dijadwalkan akan tiba di Australia pada 3 September, sebelum menuju Selandia Baru, untuk menghadiri Forum Kepulauan Pasifik di Auckland.

Ban akan kembali ke Australia pada 7-9 September, setelah mengunjungi Kepulauan Solomon dan Kiribati.

"Ini akan menjadi kunjungan pertama Sekjen PBB ke Australia setelah lebih dari satu dekade," kata PM Australia Julia Gillard.

Gillard mengatakan, pihaknya akan membahas dukungan Australia pada misi-misi PBB, termasuk misi di Afganistan dan Timor Leste. Demikian halnya dengan perkembangan di Afrika Utara dan Timur Tengah dengan pimpinan PBB.

"Yang juga masuk dalam agenda adalah respons global terhadap krisis kemanusiaan di Tanduk Afrika, ekonomi dunia, dan tindakan internasional terhadap perubahan iklim," kata Julia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PM Selandia Baru John Key mengatakan, Ban Ki-moon merupakan salah satu tamu yang akan menghadiri Forum Kepulauan Pasifik ke-42 di Auckland, selain Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barosso dan Sekjen Negeri Persemakmuran Kamalesh Sharma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.