Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Kunjungi Australia dan Selandia Baru

Kompas.com - 31/08/2011, 11:36 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Pemimpin PBB Ban Ki-moon akan mengunjungi Australia pada awal September dalam perjalanan pertama ke negara kanguru itu oleh seorang Sekretaris Jenderal PBB dalam lebih dari satu dekade.

Ban Ki-moon juga akan berkunjung ke Selandia Baru, Kepulauan Solomon, dan Kiribati. Ia akan membahas masalah perubahan iklim, demikian laporan ChannelNewsAsia, mengutip kantor berita Perancis AFP, Rabu (31/8/2011).

Ban dijadwalkan akan tiba di Australia pada 3 September, sebelum menuju Selandia Baru, untuk menghadiri Forum Kepulauan Pasifik di Auckland.

Ban akan kembali ke Australia pada 7-9 September, setelah mengunjungi Kepulauan Solomon dan Kiribati.

"Ini akan menjadi kunjungan pertama Sekjen PBB ke Australia setelah lebih dari satu dekade," kata PM Australia Julia Gillard.

Gillard mengatakan, pihaknya akan membahas dukungan Australia pada misi-misi PBB, termasuk misi di Afganistan dan Timor Leste. Demikian halnya dengan perkembangan di Afrika Utara dan Timur Tengah dengan pimpinan PBB.

"Yang juga masuk dalam agenda adalah respons global terhadap krisis kemanusiaan di Tanduk Afrika, ekonomi dunia, dan tindakan internasional terhadap perubahan iklim," kata Julia.

PM Selandia Baru John Key mengatakan, Ban Ki-moon merupakan salah satu tamu yang akan menghadiri Forum Kepulauan Pasifik ke-42 di Auckland, selain Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barosso dan Sekjen Negeri Persemakmuran Kamalesh Sharma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com