Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Shalat Id, WNI Amuk Rutan Darwin

Kompas.com - 31/08/2011, 10:44 WIB

DARWIN, KOMPAS.com — Rumah tahanan imigrasi di Darwin, Australia, terbakar, Rabu (31/8/2011). Api diduga sengaja disulut oleh para tahanan asal Indonesia yang memprotes karena tidak bisa mengikuti shalat Id di masjid.

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan dua titik api. Dari luar kompleks rumah tahanan itu terlihat api membubung tinggi. Rumah tahanan itu dihuni 466 orang.

Para petugas rumah tahanan dievakuasi dari sejumlah lokasi di fasilitas itu. Sementara itu, upaya pemadaman api juga tidak berlangsung mulus karena para tahanan dilaporkan melempar petugas dengan batu.

Beberapa sumber dari rumah tahanan itu mengatakan kepada ABC bahwa huru-hara terjadi di kompleks para tahanan asal Indonesia. Mereka antara lain ditahan karena penyelundupan manusia. Disebutkan, beberapa warga negara Indonesia (WNI) marah karena tidak bisa mengikuti shalat Id di Masjid Darwin.

Ini bukan kejadian pertama bagi rumah tahanan imigrasi di Darwin. Pada Juli lalu, para tahanan yang sebagian besar adalah pencari suaka berunjuk rasa dengan cara duduk di atap bangunan serta melakukan mogok makan.

Menurut beberapa penasihat hukum para tahanan, enam orang tahanan mencoba bunuh diri dalam rentang waktu tiga minggu, seperti dilaporkan bigpondnews.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com