Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libya Bakal Rehabilitasi Banyak Sumur Minyak

Kompas.com - 31/08/2011, 05:32 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com - Libya diperkirakan akan merehabilitasi banyak sumur minyak dalam beberapa hari ini. Kendati begitu, ekspor minyak mentah akan dimulai kembali secara bertahap, seorang pejabat senior Dewan Transisi Nasional mengatakan pada Selasa (30/8/2011).    

"Dalam beberapa hari mendatang kami berharap banyak sumur minyak akan direhabilitasi," kata Tarhuni, yang menangani minyak dan keuangan untuk kelompok oposisi ini.    

Ia mengatakan pada konferensi pers di ibu kota Libya bahwa  ekspor minyak dan gas akan meningkat secara bertahap. Tarhuni pun telah meminta laporan penuh dari perusahaan negara National Oil Company (NOC) dengan perkiraan proyeksi untuk bulan-bulan mendatang.    

Ketika ditanya apakah ia memperkirakan loyalis Moammar Khadafy yang tersisa akan melakukan sabotase ladang dan kilang minyak, ia mengatakan bahwa orang kuat itu sekarang buronan dan hanya ancaman kecil. "Kadhafy berada dalam pelarian sekarang dan sekarang kami memiliki ide yang baik di mana dia. Ancaman hadir tapi tidak terlalu berbahaya," katanya.    

Tarhuni menolak untuk menguraikan tentang dugaan para pemimpin oposisi atas keberadaan Kadhafy. Tapi, ia menekankan bahwa mereka menolak setiap kehadiran militer asing untuk membantu dalam perlindungan fasilitas minyak Libya.   

"Kami tidak tertarik, kami memiliki kebijakan, tidak ada keinginan mengundang pasukan internasional untuk melindungi setiap fasilitas minyak atau untuk meningkatkan keamanan," pungkas Tarhuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com