Ini Bukti Foto Keluarga Khadafy Hidup Mewah

Kompas.com - 30/08/2011, 20:13 WIB
EditorBenny N Joewono

KOMPAS.com — Kemarahan rakyat Libya terhadap keluarga Khadafy semakin memuncak dengan ditemukannya beberapa album foto-foto lama milik keluarga Khadafy, oleh Tyler Hicks, wartawan foto harian New York Times.

Foto-foto dalam album tersebut menunjukkan, sejak dahulu keluarga Khadafy memang memiliki gaya hidup mewah. Foto-foto temuan Hicks ini jelas telah melukai hati rakyat Libya.

Sebelum album foto tersebut ditemukan, sebagian besar rakyat Libya telah mulai memaafkan keluarga Kolonel Moammar Khadafy. Memaafkan perbuatannya, yang dengan tangan besi telah menindas rakyat. Hari-hari rakyat Libya selama 42 tahun Khadafy memerintah diwarnai dengan ketakutan, intimidasi, dan penculikan.

Barangkali, saat ini semakin sulit rakyat Libya memaafkan Khadafy, mantan pemimpin mereka yang dianggap  bermuka dua. Terhadap rakyatnya, Khadafy selalu menggelorakan semangat anti Barat. Namun, di belakang rakyatnya, keluarga Khadafy sangat memuja semua produk Barat.

Secara tidak sengaja, Tyler Hicks menemukan beberapa album foto keluarga di lantai bawah rumah Khadafy yang hancur, pasca dibombadir mortir, di Bab al-Aziziya, Tripoli.

Dalam album tersebut, Hicks juga menemukan foto keluarga Khadafy bersama para pemimpin dunia, kaset VHS yang kendor, sertifikat, penghargaan internasional, serta lukisan mewah. "Luar biasa. Ini merupakan harta karun, foto-foto yang saya cari," kata Hicks, Selasa (30/8/2011).

"Ini bukan foto-foto biasa Khadafy. Dari cara pengambilan gambarnya memperlihatkan seperti para pejabat tinggi dari dua negara bertemu di depan wartawan. Foto-foto ini jelas memperlihatkan keluarga Khadafy sedang menikmati liburan, tanpa gangguan dari para pengawalnya," kata Hicks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memperoleh data tambahan, Hicks kemudian membawa foto-foto tersebut ke kamar hotelnya. Di kamar hotel, Hicks berusaha untuk mengidentifikasi lembar demi lembar gambar foto keluarga Khadafy ini.

Bahkan agar memperoleh data lebih, Hicks sengaja meminta bantuan penduduk setempat mengidentifikasi mereka yang ada dalam foto-foto tersebut. "Saya bertanya kepada beberapa pejuang pemberontak dan jawabnya membuat saya terkejut," kata Hicks.

"Mereka tidak dapat mengidentifikasi siapa orang-orang di foto tersebut. Mereka benar-benar tidak kenal atau belum pernah melihat orang-orang yang berada dalam foto keluarga Khadafy," tambah Hicks.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.