Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan Besar Landa Vermont

Kompas.com - 29/08/2011, 09:55 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Badai Irene mengakibatkan kerusakan besar saat menerjang negara bagian di Amerika utara, Vermont, pada Minggu (28/8/2011). Sementara air menghanyutkan seorang perempuan muda yang dikhawatirkan telah tewas, kata beberapa pejabat.    

"Sebanyak 100 jalan ditutup—air menerjang jembatan, jalan, dan rumah," kata Gubernur Peter Shumlin dalam satu wawancara dengan CNN.

"Kami benar-benar menghadapi kesulitan di sini," imbuhnya.    

Ketika berbicara dalam satu taklimat sebelumnya, Shumlin mengatakan, seorang perempuan berusia 21 tahun dari kota kecil Wilmington dihanyutkan air yang meluap dari Sungai Deerfield setelah ia dan pacarnya pergi untuk nonton dan bersenang-senang. "Tentu saja kami berduka buat dia dan keluarganya," kata Shumlin pada taklimat itu, sebagaimana dilaporkan AFP, Senin (29/8/2011).     

"Sangat penting bahwa warga Vermont menghadapi badai ini secara serius dan tidak keluar rumah," katanya.     

Juru bicara bagi Badan Penanganan Keadaan Darurat Vermont, Mark Bosma, mengatakan, perempuan tersebut dikhawatirkan tewas, tetapi kematiannya belum dikonfirmasi.    

Bosma mengatakan, banyak jalan digenangi air di seluruh negara bagian berpegunungan yang berbatasan dengan Kanada itu dan pemerintah masih menilai kerusakan. "Kami menduga jalan di seluruh negara bagian ini mengalami kerusakan sebelum ini berakhir," katanya.    

Irene, yang kekuatannya turun dari badai jadi badai tropis pada Minggu, telah menewaskan sedikitnya 18 orang di seluruh pantai timur AS, saat badai dahsyat tersebut menerjang dari North Carolina sampai ke daerah New York dalam perjalanannya menuju ke Kanada.    

Badai Irene sebelumnya menewaskan sedikitnya lima orang di Karibia, termasuk satu orang di wilayah Puerto Rico, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com